Ketegasan Polri Terkait Penyekatan Jalur Mudik Dinilai Menunjukkan Hasil

Sabtu, 08 Mei 2021 - 17:26 WIB
loading...
Ketegasan Polri Terkait Penyekatan Jalur Mudik Dinilai Menunjukkan Hasil
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Langkah para petugas mencegah dan menyumbat aliran volume arus mudik ke Jawa dan Sumatera mengalami penurunan hari ini. Jumlah kendaraan yang diputar balik sampai malam ini sebanyak 30 ribu lebih.



"Polantas Polri yang bertugas dijalan hanya menjalankan perintah, bagi yang tetap mudik diperlakukan dengan baik dengan cara putar balik, tidak ditangkap, apalagi dikasari, namun bagi mereka yang ngeyel, tentu akan menerima sikap tegas yang dapat dipahami sebagai SOP yang terpaksa dilakukan," ujar Varhan yang juga menjabat Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) LIRA, Sabtu (8/5/2021).

Lebih jauh Varhan mengungkapkan bukan hal mustahil bagi Indonesia jika masyarakatnya bandel dan tak taat prokol kesehatan akan mengalami nasib yang sama seperti India dalam sehari kasus Covid-19 bisa tembus 500 ribu.

"Oleh karena itu, langkah menunda mudik adalah satu keputusan politik tepat yang penuh pertimbangan untuk keselamatan rakyat banyak. Kita pernah kecolongan di awal pandemi, korban berjatuhan, namun kita bisa bangkit. Kurva Pandemi melandai di negeri ini. Namun bukan sebuah alasan untuk menjadikan kita besar kepala," jelasnya.

Masih menurut Varhan, bagi yang merasa bangga bisa lewat di satu penyekatan, nantinya masih banyak penyekatan berlapis. Daripada sudah dekat rumah namun kena juga, sia-sia bensin, waktu dan biaya. Sudah mau sampai malah diputar balik kembali ke Jakarta. Lebih baik bersabar sedikit.

Varhan juga mengimbau agar masyarakat tidak menyebar hoax, apalagi memanasi keadaan, di bulan ramadhan, jauhi dosa, tinggalkan sebaran kebohongan. Diketahui sebelumnya, Korlantas Polri menyiapkan 333 titik penyekatan mudik 2021. Namun kemudian ditambahkan menjadi 381 titik di sembilan provinsi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di posko penyekatan Cikupa, Tangerang, Jumat 7 Mei 2021 mengatakan, volume arus mudik ke Jawa dan Sumatera mengalami penurunan hari ini. Jumlah kendaraan yang diputar balik sampai malam ini sebanyak 30 ribu lebih.

"Hari ini sampai malam hari ini saya sampaikan bahwa volume arus mudik yang menuju Jawa turun 70%. Ini masih didominasi oleh angkutan barang. Kemudian arah yang menuju Bandung lebih kurang turun 60%. Kemudian yang mengarah ke Merak-Sumatera turun lebih kurang 30%," kata Irjen Istiono.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)