UTD PMI Lampung Butuh Stok Banyak, Plasma Konvaselen Bisa Jadi Terapi Bagi Pasien COVID-19

Sabtu, 08 Mei 2021 - 22:51 WIB
loading...
UTD PMI Lampung Butuh Stok Banyak, Plasma Konvaselen Bisa Jadi Terapi Bagi Pasien COVID-19
UTD PMI Lampung Butuh Stok Banyak, Plasma Konvaselen Bisa Jadi Terapi Bagi Pasien COVID-19. Foto/Ist
A A A
BANDAR LAMPUNG - Pandemi COVID-19 belum berakhir. Saat ini, jumlah kasus pasien yang terinfeksi virus terus bertambah di sejumlah daerah, termasuk wilayah Lampung dan sekitarnya.

Berbagai upaya dilakukan untuk meredam, salah satunya dengan melakukan terapi menggunakan Plasma Konvaselen bagi pasien yang dinyatakan positif terkena cirus COVID-19.

Plasma konvalesen adalah plasma (cairan darah) yang mengandung antibodi COVID-19 dan berasal dari pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari penyakit COVID-19.

Plasma ini disebut dapat membantu meningkatkan antibodi dan menurunkan jumlah virus (antigen COVID-19) pada penderita.

Bagi seseorang yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 lalu ingin menjadi pendonor maka ia harus dinyatakan sembuh selama 14 hari melalui hasil SWAB menggunakan RT-PCR sebanyak 2 kali, dan bersedia menyumbangkan plasmanya secara sukarela.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Lampung, dr. H. M. Aditya, M. Biomed menyatakan, saat ini stok Plasma Konvaselen di UTD PMI Lampung sudah habis.

“Semenjak makin meningkatnya kasus COVID-19, maka kemungkinan pasien yang memerlukan terapi plasma konvalesen juga meningkat. UTD PMI Lampung mengalami permasalahan dalam menyediakan plasma konvalesen ini karena stok yang disiapkan habis. Sebab UTD PMI Lampung tidak melayani kebutuhan pasien di Bandar Lampung, akan tetapi juga di seluruh Lampung yang merawat pasien COVID-19,” paparnya, Sabtu (8/5/21).

Baca juga: Ini Sosok Kacab Cantik Bank Mega yang Bobol Deposito Nasabah Rp62 Miliar

Dia mengungkapkan, perkembangan data yang diperoleh saat ini terdapat 2 orang masuk di daftar antrean dengan golongan darah A yang membutuhkan plasma konvaselen.

Baca juga: Penyerangan Imam Masjid di Pekanbaru Dua Kali Terjadi, Pelaku Disebut Gila, Polisi Diminta Telusuri

Sedangkan jumlah permintaan plasma konvaselen yang sudah terlayani sejauh ini adalah golongan darah A berjumlah 8 orang, golongan darah B berjumlah 11 orang, golongan darah O berjumlah 24 orang, golongan darah AB berjumlah 14 orang.

"Jadi total semuanya berjumlah 57 orang. Sedangkan stok yang kami miliki sudah habis,” pungkas Aditya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)