5 Manfaat Kesehatan dari Jalan Kaki, Salah Satunya Menguatkan Jantung!

Minggu, 09 Mei 2021 - 10:15 WIB
loading...
5 Manfaat Kesehatan dari Jalan Kaki, Salah Satunya Menguatkan Jantung!
Banyak manfaat kesehatan bisa didapat dari jalan kaki. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Jalan kaki , aktivitas olahraga yang satu ini kelihatannya sepele. Namun banyak manfaat bisa didapat dari olahraga ini. Jalan kaki dapat membantu mencegah penyakit tertentu dan memperpanjang hidup anda serta memlihara tingkat kebugaran.

Jalan kaki adalah olahraga gratis, mudah dan melakukannya dapat disesuaikan dengan jadwal rutin anda. Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu untuk melakukan olahraga ini. Dikutip dari Healthline, inilah manfaat berjalan kaki:

1. Membakar kalori

Jalan kaki bisa membantu anda membakar kalori. Membakar kalori dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan.Jumlah kalori yang dibakar tergantung pada beberapa faktor, termasuk: kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, medan (anda akan membakar lebih banyak kalori saat berjalan menanjak daripada di permukaan datar) dan berat badanmu.

Baca Juga : Kemenkes Tegaskan Tak Ada Strain COVID-19 Baru asal Kongo

2. Menguatkan Jantung

Jalan kaki setidaknya 30 menit sehari, lima hari seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 19 persen. Dan risiko anda dapat berkurang lebih banyak lagi bila Anda meningkatkan durasi atau jarak jalan Anda setiap hari.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berjalan-jalan sebentar setelah makan dapat membantu menurunkan gula darah. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit tiga kali sehari (setelah sarapan, makan siang, dan makan malam) menurunkan kadar gula darah lebih banyak daripada berjalan kaki selama 45 menit pada titik lain di siang hari.

4. Meredakan Nyeri Sendi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)