Jokowi Kutuk Kekerasan terhadap Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

Senin, 10 Mei 2021 - 14:38 WIB
loading...
Jokowi Kutuk Kekerasan terhadap Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
Presiden Joko Widodo. Foto/Istimewa/BPMI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengutuk tindak kekerasan dan pengusiran paksa warga Palestina di Masjid Al-Aqsa , Yerusalem. Kepala Negara mendesak agar Dewan Keamanan PBB mengambil tindakan untuk merespons pelanggaran ini.

Jokowi mengatakan hal itu melalui akun Twitternya @jokowi sebagaimana dilihat pada Senin (10/5/2021). Kepala Negara mencuit keterangan itu dalam bahasa Inggris.

"Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan," ujar Jokowi melalui Twitternya.



Jokowi menegaskan, Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina yang hingga kini masih terus dijajah.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina," terangnya.

Berikut cuitan asli Jokowi dengan berbahasa Inggris:

The forced eviction of Palestinians from Sheikh Jarrah, East Jerusalem, and use of force against Palestinian civilians in the Al-Aqsa Mosque must not be ignored.

Indonesia condemns such acts and urges the UN Security Council to take measures on the repeated violations carried out by Israel. Indonesia will continue to stand with the people of Palestine.



Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyebut pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949 dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan.

Insiden bentrok berdarah di Masjid Al-Aqsa melibatkan pasukan Israel dengan warga Palestina pada Jumat malam setempat. Sedikitnya 205 warga Palestina dan 17 aparat keamanan Israel luka-luka akibat peristiwa ini.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)