2 KRI TNI AL Latihan Bersama Kapal Perang China di Laut Jawa

Selasa, 11 Mei 2021 - 12:30 WIB
loading...
2 KRI TNI AL Latihan Bersama Kapal Perang China di Laut Jawa
Latihan dilakukan lantaran dua kapal perang China tersebut melintas dari utara menuju ke selatan melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Foto/dispenal
A A A
JAKARTA - KRI Usman Harun-359 dan KRI Halasan-630 melaksanakan latihan bersama (Latma) dengan dua kapal perang China di sekitar Laut Jawa, Sabtu (8/5/2021).

Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K menuturkan, latihan dilakukan lantaran dua kapal perang China tersebut melintas dari utara menuju ke selatan melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Menurutnya, latma kapal perang China merupakan kegiatan yang lumrah dilaksanakan angkatan laut di seluruh dunia, apabila ada kapal negara yang melintas dan telah memperoleh diplomatic clearance.

2 KRI TNI AL Latihan Bersama Kapal Perang China di Laut Jawa

Latihan SAR dan manuver kapal dalam formasi dilaksanakan dalam latihan ini. Foto/dispenal

"Saya berharap latihan ini dapat meningkatkan hubungan persahabatan antara TNI AL dan PLAN serta meningkatkan profesionalisme masing-masing angkatan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).



Adapun kedua KRI tersebut melakukan Passing Exercise (Passex) dengan PLANS atau People Liberation Army Navy Ship Liuzhou-573 (FFGHM) dan Suqian-504 (FSGHM). Selama Passex, keduanya mengadakan latihan komunikasi berupa isyarat lampu sorot dan komunikasi suara.

Tak ketinggalan, latihan SAR dan manuver kapal dalam formasi juga dilaksanakan dalam latihan ini. Rasyid juga memastikan bahwa Koarmada I tetap menghadirkan unsur KRI dan pesawat udara intai maritim dalam menjaga keamanan laut dan menjamin kedaulatan negara.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)