Waswas dengan China, Jepang Gelar Latgab dengan AS dan Prancis

Selasa, 11 Mei 2021 - 17:41 WIB
loading...
Waswas dengan China, Jepang Gelar Latgab dengan AS dan Prancis
Jepang jadi tuan rumah latihan militer gabungan pertama dengan Prancis dan AS di tengah kekhawatiran akan China. Foto/France24
A A A
TOKYO - Pasukan Jepang , Amerika Serikat (AS) dan Prancis memulai latihan militer gabungan (latgab) pertama mereka pada Selasa (11/5/2021) di barat daya Jepang. Latihan ini dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas "kesombongan" China yang meningkat di wilayah tersebut.

Sebuah kapal angkatan laut Australia juga mengambil bagian dalam latihan udara, darat dan laut selama seminggu yang melibatkan 300 tentara darat dari tiga negara tersebut.

Itu terjadi ketika Tokyo ingin memperdalam hubungan pertahanan di luar sekutu utamanya AS dan dengan memperhatikan langkah-langkah Beijing di Laut China Timur dan Selatan.

"Latihan itu tidak diragukan lagi mencegah perilaku China yang semakin agresif di kawasan itu," kata Takashi Kawakami, kepala Institut Studi Dunia di Universitas Takushoku, seperti dikutip dari France24, Selasa (11/5/2021).



"Dalam jangka panjang, komitmen Eropa di Indo-Pasifik dapat mengarah pada hubungan yang lebih erat antara Jepang dan NATO, sesuatu yang diadvokasi oleh mantan perdana menteri Shinzo Abe," tambahnya.

Latihan tersebut, yang mencakup latihan jet tempur dan operasi amfibi, akan diadakan di wilayah Kyushu dan di laut dengan penanggulangan virus COVID-19.

Seorang pejabat angkatan laut Prancis kepada AFP mengatakan sebuah kapal selam Jepang dan 10 kapal permukaan - enam Jepang, dua Prancis, satu Amerika dan satu Australia - akan digunakan.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, menggunakan apa yang disebut sembilan garis putus-putus untuk membenarkan apa yang dikatakannya sebagai hak bersejarah atas jalur perdagangan utama.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)