Tips Sehat Berlebaran, Kurangi Porsi Nasi dan Hindari Terlalu Banyak Makanan Berminyak

Kamis, 13 Mei 2021 - 08:28 WIB
loading...
Tips Sehat Berlebaran, Kurangi Porsi Nasi dan Hindari Terlalu Banyak Makanan Berminyak
Sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran terlebih dahulu sebelum memakan makanan berlemak dan berkalori tinggi seperti opor ayam. / Foto: ilustrasi/Happy Muslimah
A A A
JAKARTA - Saat berkumpul bersama keluarga dalam merayakan Lebaran , makanan yang disajikan umumnya akan banyak mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga kandungan tersebut memang harus terpenuhi, namun juga jangan sampai berlebihan dan jangan melupakan kebutuhan tubuh akan mineral dan vitamin yang bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Ini Berbagai Ucapan Selamat Idul Fitri, dari Bahasa Arab hingga Korea

Sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran terlebih dahulu sebelum memakan makanan berlemak dan berkalori tinggi seperti opor ayam. Ini agar tubuh tidak merasa lapar berlebihan sehingga nafsu makan lebih terkontrol.

Pakar kesehatan, dr Alvin Wijaya memberikan tips sehat saat menyantap makanan di momen Lebaran di antaranya kurangi porsi nasi dan makanan berminyak serta jika akan menyantap menu berbahan daging, singkirkan bagian lemak pada daging yang disajikan.

"Selalu ingat juga untuk minum air mineral yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Air mineral akan membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat, sehingga dengan ini porsi makanmu akan lebih terkontrol," terang dr Alvin.

Dia juga menegaskan, sebaiknya hindari memakan makanan manis, atau setidaknya cukup dicicipi dengan porsi yang sangat kecil. Ini penting agar Anda terhindar dari perasaan mual dan kekenyangan hingga mengantuk serta risiko terkena penyakit diabetes melitus.

Baca juga: Agar Lebaran Tetap Bermakna, Lakukan Beberapa Kegiatan Ini

"Sebaliknya, di saat inilah kamu dapat mengonsumsi buah-buahan agar lebih sehat. Sesudah selesai menyantap semua makanan dan minuman, lakukanlah aktivitas fisik ringan seperti berjalan keliling rumah sehingga makanan dapat tercerna dengan baik dan menghindarkan tubuh dari sakit lambung," ucap dr Alvin.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)