Antisipasi Arus Balik, Jasa Marga dan Kepolisian Ubah Fokus Titik Penyekatan

Minggu, 16 Mei 2021 - 17:18 WIB
loading...
Antisipasi Arus Balik, Jasa Marga dan Kepolisian Ubah Fokus Titik Penyekatan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasca- Lebaran terjadi perubahan titik penyekatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Tadinya, penyekatan terjadi di KM 31A dan KM 46+500, namun sesuai dengan diskresi Kepolisian, sejak Sabtu kemarnn (15/5) titik penyekatan akan fokus untuk kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga , Dwimawan Heru menyebut, akses jalan tol layang Muhammed bin Zayed (MBZ) atau tol Elavated II Jakarta-Cikampek yang telah ditutup total di kedua arahnya sejak larangan mudik, saat ini telah dibuka kembali untuk kendaraan yang menuju arah Cikampek.

Baca juga:Simak 'Tausiyah' Erick Thohir di Masjid At Thohir Los Angeles

"Jasa Marga mendukung penyediaan lokasi, penempatan petugas untuk mengatur lalu lintas hingga penempatan rambu-rambu agar kegiatan berjalan dengan lancar," ujar Heru dalam keterangan pers, Minggu (16/5/2021).

Pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 dari arah Rorotan, Jatiasih maupun Cawang yang menuju arah Cikampek kini sudah bisa mengakses. Meski begitu, akses KM 48B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta masih dilakukan penutupan sementara untuk mendukung penyekatan kendaraan kembali ke arah Jabotabek.

Upaya penyekatan arus balik ke Jabotabek yang diperkirakan terjadi mulai Minggu hari ini, perseroan bersama pihak Kepolisian dan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, memastikan kesiapan pelaksanaan pengendalian transportasi di jalan tol.

Heru menjelaskan, Jasa Marga mendukung penuh pelaksanaan check point di posko penyekatan kendaraan arah Jabotabek yang terletak di KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Di titik ini, pihak Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen perjalanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Jasa Marga bersama Satgas Covid-19 Daerah juga mendukung pelaksanaan random check antigen di sejumlah lokasi di jalan tol. Proses screening dilakukan secara random dengan Rapid Test Antigen untuk kendaraan dengan pelat nomor di luar wilayah aglomerasi.

Baca juga:Politisi Austria Dipecat dari Partainya karena Suarakan Dukungan kepada Palestina

Dalam pelaksanaannya, Jasa Marga menyediakan lokasi dan kelengkapan posko serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas. Sementara itu untuk peralatan tes, petugas medis hingga ambulans disediakan oleh Satgas Covid-19 daerah atau dinas kesehatan setempat.

Beberapa lokasi Rapid Test Antigen di Jalan Tol Jasa Marga yang sudah berjalan mulai hari ini di antaranya adalah KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 38B Jalan Tol Jagorawi, Rest Area KM 149B dan Km 125B Jalan Tol Padaleunyi, Rest Area KM 97B, dan KM 72B Jalan Tol Cipularang.

"Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan Rest Area KM 360B Jalan Tol Batang-Semarang serta GT Ngawi dan Rest Area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi,” tutur dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)