Sambut Peluang Industri 4.0, MDIS Tawarkan Program Teknologi Robotika

Jum'at, 22 Mei 2020 - 22:23 WIB
loading...
Sambut Peluang Industri 4.0, MDIS Tawarkan Program Teknologi Robotika
Untuk menjawab tantangan akan kebutuhan tenaga kerja terampil di era industri 4.0, MDIS menawarkan program baru di bidang teknologi robotika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di era revolusi industri keempat, disrupsi adalah tantangan yang tak terhindarkan untuk semua industri. Singkatnya, revolusi industri keempat mengacu kepada bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence- AI)), kendaraan otonom (Autonomous Vehicle - AV), dan Internet of Things (IoT) telah menyatu dengan kehidupan fisik manusia.

Untuk menjawab tantangan akan kebutuhan tenaga kerja terampil di era industri 4.0, Management Development Institute of Singapore (MDIS) menawarkan program baru di bidang teknologi robotika.

MDIS yang merupakan institusi pendidikan nirlaba tertua di Singapura itu menjadi lembaga pendidikan swasta pertama yang memperkenalkan program baru Sarjana Teknik (Hons) Teknologi Robotika.

Kepala MDIS School of Engineering Dr Tham Yieng Wei, mengatakan disrupsi tidak bisa dihindari, dan pengetahuan tidak bisa diganggu gugat. Menggandeng Universitas Plymouth, Inggris, program teknologi robotika dirancang dengan cermat dan terstruktur dengan baik untuk memastikan peserta didik bergerak secara bertahap dari pendekatan berbasis pengajaran dalam dua tahun pertama ke pendekatan berbasis proyek di tahun terakhir.

"Tujuannya untuk mendorong dan mendukung siswa untuk mengembangkan sikap belajar dan keterampilan manajemen diri, seperti bekerja secara efektif di bawah kendala waktu dan sumber daya," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (22/5/2020).

Dia melanjutkan, di tengah kondisi pandemi corona (Covid-19) seperti saat ini, inovasi dalam aplikasi AI seperti analisis data, pembelajaran mesin, chatbot, dan facial recognition, tidak hanya digunakan untuk diagnosis tetapi juga untuk pelacakan kontak dan pengembangan vaksin.

Teknologi seperti itu tidak hanya membantu mengendalikan pandemi Covid-19, tetapi juga membantu mengurangi dampak terburuknya. Perubahan teknologi ini secara drastis mengubah cara individu, perusahaan dan pemerintah beroperasi, yang pada akhirnya mengarah pada transformasi masyarakat yang serupa dengan revolusi industri sebelumnya.

Ada beberapa komponen utama dalam industri 4.0 ini yaitu Cyber-Physical Systems, Internet of Things, Smart Factory, dan Internet of Services. Meskipun kondisi ekonomi global sedang tidak pasti, kata dia, permintaan untuk peningkatan tenaga kerja yang signifikan di industri ini tetap positif.

“Maka, jadilah yang terdepan dalam revolusi Industry 4.0 dan tingkatkan keterampilan dengan gelar Teknologi Robotik (Hons) di https://www.mdis.edu.sg/smartnation,” ucapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)