Kemenparekraf Dorong Pelaku Parekraf Cari Dana Lewat Pasar Modal

Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:29 WIB
loading...
Kemenparekraf Dorong Pelaku Parekraf Cari Dana Lewat Pasar Modal
Pelaku UMKM. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) mencari pendanaan melalui pasar modal Indonesia.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Hanifah Makarim mengatakan, pihaknya bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar acara Bincang Pasar Modal yang diharapkan dapat mengenalkan pelaku usaha parekraf di Tanah Air kepada pasar modal.

Baca juga: Nyaman di Zona Hijau, IHSG Tetap Berpotensi Fluktuatif

"Ini merupakan usaha kami bersama BEI untuk memperkenalkan bahwa pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif bisa masuk ke pasar modal, bahwa pasar modal ini bisa menjadi salah satu alternatif pembiayaan untuk mengembangkan usaha," ujarnya dalam acara "Bincang Pasar Modal" secara virtual, Jumat (28/5/2021).

Menurut dia, kurangnya minat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya yang termasuk ke dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar modal karena adanya asumsi bahwa usaha kecil dan menengah tidak bisa mengakses Bursa. "Tapi nyatanya tidak, bisa kok, nyatanya pelaku usaha dengan modal yang tidak terlalu besar pun bisa masuk ke pasar modal," tukasnya.

Hanifah juga menegaskan bahwa pelaku UMKM bisa memanfaatkan pasar modal untuk mendapatkan sumber pembiayaan karena sumber pembiayaan bukan hanya berasal perbankan dan modal ventura.



Baca juga: Keuangan 'Megap-megap', Garuda Optimalkan Lini Bisnis Potensial

"Terkait dengan pasar modal ini, Bapak dan Ibu bisa mendapat informasi kenapa mesti melantai di Bursa, pasar modal ini bisa dijadikan salah satu alternatif. Kita harus mulai dari sekarang, kalau kita tidak mulai tentunya kita tidak akan menuju ke sana," tandasnya.
(ind)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1945 seconds (10.55#12.26)