Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Wamendag Dorong Jatim Contoh Jateng

Kamis, 10 Juni 2021 - 23:58 WIB
loading...
Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Wamendag Dorong Jatim Contoh Jateng
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendorong Jawa Timur (Jatim) mengoptimalkan pemanfaatan sistem resi gudang (SRG) . Ia yakin pemanfaatan SRG bisa meningkatkan produktivitas pertanian, seperti kesuksesan di Jawa Tengah (Jateng) .

Dengan mengoptimalkan pemanfaatan SRG, sejumlah daerah di Jateng disebut berhasil naik kelas. Di Brebes, misalnya untuk bawang merah semakin aktif dalam hal pembiayaan. Sementara di Kudus yang sebelumnya tidak digunakan dan tidak ada pengelola, sekarang sudah ada pengelolanya.

Baca juga:Kemenparekraf Gelontorkan Rp60 Miliar untuk Pulihkan Sektor Pariwisata

"Demikian juga di Purworejo. Karena itu kita ingin daerah lain harus terus didorong juga," ungkap Jerry pada Kamis (10/6/2021).

Jerry membeberkan bahwa potensi komoditas di Jatim melimpah, seperti beras, jagung, garam, kopi dan tembakau. Komoditas lainnya juga tinggi, yakni kedelai, ikan, dan gula.

"Jangan lupa juga ada komoditas lain seperti kedelai, ikan dan gula," terang Wamendag.

Di Jawa Timur sendiri ada 23 gudang SRG yang didirikan oleh Kemendag yang sudah dihibahkan ke pemerintah daerah serta beberapa gudang SRG milik swasta. Gudang-gudang milik pemerintah inilah yang saat ini sedang berusaha ditingkatkan.

"Ini tantangan yang menarik karena dari 23 gudang baru kurang dari seperempatnya yang berfungsi. Kita berharap tahun ini yang sudah difungsikan bisa mencapai dua kali lipat dari sekarang," Tambah Wamendag.

Mengingat status gudang sudah dihibahkan ke pemkab-pemkab, maka menurut Jerry pemerintah daerah perlu didorong, diberikan sosialisasi dan fasilitasi agar gudang bisa berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Bagi Jerry, para bupati sebenarnya juga sangat ingin fasilitas di daerahnya bisa berkinerja optimal, tetapi beberapa hal mungkin menjadi penghambat.

Baca juga:Banyak Pengalaman, Angelo Alessio Yakin Bawa Persija Juara Liga 1

"Tugas Kemendag dalam hal ini Bappebti adalah mendengarkan dan memetakan masalah daerah dan bersama pemda mencari solusi bersama sesuai dengan tupoksi masing-masing," ujar Jerry.

Belajar dari upaya di Jawa Tengah, Wamendag menyebut bahwa beberapa hal yang menghambat SRG antara lain mengenai pembiayaan, komitmen dan profesionalitas pengelola, akses pasar dan pengetahuan petani.

"Karena itu Bappebti akan memberikan dukungan dan memfasilitasi sektor-sektor tersebut," tutup Jerry.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)