Berikut 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia Versi 2021

loading...
Ibukota Hawaii Honolulu menjadi yang paling signifikan kenaikannya dalam peringkat. Dimana bergerak naik 46 tempat untuk finis di posisi ke-14 karena upayanya menahan penyebaran virus corona dan peluncuran vaksin yang cepat.

Di antara kota-kota lain, Taipei finis di posisi ke-33 sementara Singapura berada di urutan ke-34.

Asia vs Eropa

Rata-rata regional, Asia berada jauh di bawah Amerika Utara dan Eropa Barat, menurut EIU. Damaskus di Suriah tetap menjadi kota paling tidak layak huni di dunia, ketika Suriah menandai 10 tahun perang saudara tahun ini.

"Asia memiliki beberapa kota paling layak huni di dunia, ia juga punya beberapa yang paling tidak layak huni," kata Baptist.

Sementara kota-kota di Australia, Selandia Baru dan Jepang mendominasi posisi 10 besar, tempat-tempat seperti Dhaka, Bangladesh, Karachi, Pakistan dan Port Moresby, ibu kota Papua Nugini, merana di posisi terbawah.

Baptist mengatakan daftar kota layak huni selalu diperbarui dua kali setahun. Sejak periode survei pertama berakhir tahun ini, beberapa kota teratas di Asia-Pasifik mengalami lonjakan kasus Covid-19, termasuk Melbourne dan Tokyo.

Di sisi lain, kota-kota Eropa dan Amerika Utara telah secara agresif meluncurkan program vaksinasi dan sedang dalam proses membuka kembali usai lockdown.

Sedangkan Australia dan Selandia Baru belum membuka kembali perbatasan mereka kepada sebagian besar pelancong. Faktor ini yang menurut Baptis dapat mempengaruhi peringkat mereka di tahun-tahun mendatang.
(akr)
halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top