Siap-siap! Sri Mulyani Bakal Naikkan Pajak Bagi Mobil Beremisi Tinggi

Jum'at, 11 Juni 2021 - 14:27 WIB
loading...
Siap-siap! Sri Mulyani Bakal Naikkan Pajak Bagi Mobil Beremisi Tinggi
Salah satu instrumen dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia yakni, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakal menerapkan pajak lebih besar bagi kendaraan yang memiliki emisi karbon tinggi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus menggalakan energi ramah lingkungan dalam upaya mengurangi emisi karbon. Salah satu instrumen dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia yakni, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakal menerapkan pajak lebih besar bagi kendaraan yang memiliki emisi karbon tinggi.

"Kementerian Keuangan mendivervikasi keuangan kita. Apakah tax holiday, atau lewat PPnBM untuk kendaraan yang punya emisi tinggi dikenakan pajak yang lebih tinggi. Kami akan dukung pemda melalui DAK fisik, nonfisik, DID untuk meningkatkan awareness climate change di daerah," kata Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (11/6/2021).



Lebih lanjut Ia menerangkan komitmen Indonesia dalam mengatasi masalah perubahan iklim yakni lewat penerbitan green bond atau green sukuk bond. Terbaru, pemerintah menerbitkan sukuk hijau global senilai USD750 juta atau Rp10,5 triliun (kurs Rp14 ribu per USD) untuk tenor selama 30 tahun.

"Dalam soal ini, Indonesia terdepan dan banyak emerging dan developing country melihat pengalaman Indonesia. Green sukuk kita juga di-certified," katanya.



Menkeu menambahkan, underlying green sukuk ini juga konsisten dengan budget tagging yang dilakukan oleh pemerintah. "Pemerintah berkomitmen bukan hanya instrumennya saja, tetapi proyek yang dibiayai juga bisa berkontribusi menurunkan emisi karbon," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)