Puji Biden, Macron: Dia Bawa AS Kembali ke Jalan yang Benar

Minggu, 13 Juni 2021 - 15:12 WIB
loading...
Puji Biden, Macron: Dia Bawa AS Kembali ke Jalan yang Benar
Presiden Prancis, Emanuel Macron melemparkan pujian kepada Presiden AS, Joe Biden, dengan menyebut, AS kembali sebagai pemimpin dunia bebas di bawah Biden. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Presiden Prancis , Emanuel Macron melemparkan pujian kepada Presiden Amerika Serikat (AS) , Joe Biden dalam pertemuan tatap muka pertama mereka. Macron menyebut, AS kembali sebagai pemimpin kooperatif dunia bebas di bawah Biden.

Pernyataan Macron menggambarkan kelegaan yang dirasakan oleh banyak sekutu utama AS, bahwa kekacauan yang ditimbulkan pemerintahan Donald Trump telah berakhir.

Biden, saat ditanya oleh seorang reporter apakah Amerika telah kembali, menoleh ke Macron dan memberi isyarat kepada Presiden Prancis bahwa dia harus menjawab pertanyaan itu.

"Ya pasti. Sangat menyenangkan memiliki Presiden AS yang merupakan bagian dari klub dan sangat bersedia bekerja sama," kata Macron menjawab pertanyaan tersebut.

"Apa yang Anda tunjukkan adalah bahwa kepemimpinan adalah kemitraan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (13/6/2021).

Merespon pernyataan Macron, Biden mengatakan sedari awal dia menjabat sebagai Presiden AS, dia telah menegaskan bahwa akan membawa kembali AS ke panggung dunia.

"AS saya sudah katakan sebelumnya, kami kembali. Segalanya berjalan, saya pikir, baik dan kami, seperti yang kami katakan di AS, kami berada di halaman yang sama," ucapnya.

Biden menambahkan bahwa AS merasa sangat kuat tentang kohesi aliansi militer NATO dan menyatakan dukungan untuk Uni Eropa (UE) - target banyak kritik dari Trump selama masa kepresidenannya.

"Saya pertama berpikir bahwa UE adalah entitas yang sangat kuat dan bersemangat, yang banyak berkaitan dengan kemampuan Eropa Barat tidak hanya untuk menangani masalah ekonominya tetapi juga memberikan tulang punggung dan dukungan untuk NATO," imbuh Biden.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)