Tenang! Pelemahan IHSG Saat Ini Cuma karena Aksi Ambil Cuan

loading...
Tenang! Pelemahan IHSG Saat Ini Cuma karena Aksi Ambil Cuan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Pada pembukaan perdagangan hari ini (15/6/2021), indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka menguat sebesar 5 poin dan menclok di posisi 6.085. Akan tetapi, IHSG selang beberapa menit kemudian, IHSG langsung lunglai ke posisi 6.054(09.20).

Meski sempat kembali menguat, namun hingga pukul 11.15 posisinya masih tertekan di 6.073. Equity Analyst PT Phillip Sekuritas Indonesia, Dustin Dana Pramitha, mengatakan, pelemahan IHSG saat ini lebih kepada aksi profit taking (ambil untung) biasa.

Baca juga:350 Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar Lolos SBMPTN di Unair

“Jadi, kami melihat untuk IHSG saat ini memang (ada) profit taking biasa, karena secara teknikal IHSG sedang menguji level-level resistance-nya, mungkin di sekitaran 6.115,” katanya dalam acara Market Opening IDX Channel, Selasa (15/6/2021).

Kemudian, Dustin menjelaskan, IHSG memang cenderung terkoreksi cukup tipis pada beberapa hari ke belakang. Namun, jika dilihat secara keseluruhan sentimen eksternal juga mendukung adanya penguatan IHSG.

“Kalau kita lihat secara keseluruhan untuk sentimen atau katalis dari eksternal mendukung adanya penguatan IHSG. Ditambah lagi dengan beberapa data ekonomi kita. Jadi, untuk katalis dalam negeri itu mendukung adanya penguatan IHSG di bulan Juni ini,” jelas dia.



Baca juga:Zikir yang Sering Dibaca Gus Baha Saat Pengajian

Sementara itu, dia menuturkan, The Fed diprediksi akan menahan tingkat suku bunganya atau dapat dikatakan cenderung dovish untuk kebijakan moneternya karena tingkat penyerapan lapangan kerja akan cepat terealisasi sehingga membalikkan Amerika ke kondisi yang memang full employment.

"Jadi, kami kira setidaknya tahun ini mungkin The Fed akan cenderung menahan tingkat suku bunganya atau mungkin cenderung dovish untuk kebijakan moneternya,” ucap Dustin.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top