Wapres Targetkan 2023 Seluruh Wilayah RI Sudah Terjangkau Internet

Jum'at, 18 Juni 2021 - 09:02 WIB
loading...
Wapres Targetkan 2023 Seluruh Wilayah RI Sudah Terjangkau Internet
Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin menyatakan bahwa pemerintah menargetkan pada 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet.

"Diharapkan pada tahun 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet ," ungkap Ma’ruf dalam sambutannya pada acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) secara virtual, Jumat (18/6/2021).



Hal ini, kata Ma’ruf, untuk menyiapkan infrastruktur telekomunikasi dan informasi yang harus dipenuhi menuju transformasi ekonomi digital. “Untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi, maka dari itu penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi,” katanya.

Sementara itu, Ma’ruf mengatakan dalam penyiapan infrastruktur telekomunikasi dan informasi ini pembangunan infrastruktur menjadi tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo, melalui Proyek Strategis Nasional, dengan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring, dan Proyek Satelit Multifungsi Pemerintah.

Ma’ruf pun mengatakan dengan akses internet maka ekosistem digital bagi masyarakat dalam hal ini khususnya di Nusa Tenggara Timur akan terbuka lebar. “Dengan adanya jaringan koneksi internet, maka akses untuk memasuki ekosistem digital bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Nusa Tenggara Timur, akan terbuka lebar,” katanya.



Sehingga, kata Ma’ruf, keterbukaan akses digital ini diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi karya dan kreasi lokal karena lahan bisnisnya mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global. “Disitulah letak nilai strategis dari transformasi ekonomi melalui digitalisasi yang merupakan salah satu prioritas pemerintah,” paparnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2592 seconds (0.1#10.140)