Sea Group Indonesia Gencarkan Edukasi untuk Tingkatkan Ekspor UMKM

Rabu, 30 Juni 2021 - 18:05 WIB
loading...
Sea Group Indonesia Gencarkan Edukasi untuk Tingkatkan Ekspor UMKM
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sea Group Indonesia melalui unit usaha e-commerce, Shopee , turut serta dalam mendukung upaya peningkatan ekspor pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Sea Group Indonesia menekankan pentingnya edukasi untuk mencapai hal tersebut.

Chairman of The Sea Group Indonesia Pandu Patria Sjahrir mengatakan, e-commerce merupakan salah salah satu wadah untuk menggerakkan UMKM. Selain itu, dia menyebut pentingnya melakukan edukasi terhadap UMKM untuk pembinaan dari hulu ke hilir.

Baca juga:PPKM Darurat, Ini Detail Aturan untuk Restoran sampai Perkantoran

"Jadi, yang paling penting adalah edukasi. Dari edukasi kita juga harus menilai dan terakhirnya kita harus melakukan biar UMKM kita ini siap ekspor. Jadi sesuai keinginan pemerintah bahwa kita bisa membantu UMKM kita go ekspor," ujar Pandu dalam Webinar HUT ke 16 Koran Sindo dengan tema "Asa UMKM Merajai Pasar Internasional", Rabu (30/6/2021).

Pandu menambahkan, selain edukasi, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan beberapa daerah, seperti membangun 5.000 desa digital dan mendirikan pusat edukasi ekspor.

"Kita sudah bangun kurang lebih 5.000 desa digital, dan di Surakarta kami membuat semacam education export center karena itu lebih dari 10.000 eksportir yang sekarang bisa membangun," kata dia.

Baca juga:Belanda: Jet Rusia Lakukan Serangan Tipuan pada Fregat Belanda di Laut Hitam

Selain edukasi, Pandu juga menyinggung pentingnya akses permodalan kepada pelaku UMKM. Ke depannya, seluruh stakeholder harus menyusun strategi untuk dapat memudahkan pinjaman modal kepada pelaku UMKM.

"Karena yes sekarang mereka sudah masuk platform online, tapi yang paling penting adalah kita bisa memberikan pinjaman yang pas. Nah kita sekarang kurang lebih karena gerakan bangga buatan Indonesia sudah hampir 10 juta UMKM yang masuk online. Tugas kita ke depan adalah melakukan pinjaman modal," ucapnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)