Lakukan Transisi, Chevron Bakal Lego Asetnya Senilai Lebih dari USD1 Miliar

Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:15 WIB
loading...
Lakukan Transisi, Chevron Bakal Lego Asetnya Senilai Lebih dari USD1 Miliar
Foto/ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Berdasarkan tiga informasi yang diterima, Chevron Corp (CVX.N) saat ini sedang mencari cara untuk menjual dua koleksi ladang minyak dan gas konvensional di Permian Basin, Amerika bagian utara. Aset-aset tersebut senilai lebih dari USD1 miliar atau Rp14,4 triliun (kurs Rp14.400).

Menanggapi informasi itu, pihak Chevron membenarkan bahwa mereka tengah memasarkan aset konvensional di Cekungan Permian, tetapi tidak merinci nilai aset tersebut.

Diketahui, minyak berjangka Amerika Serikat (AS) telah melonjak lebih dari 50% sepanjang tahun ini. Kenaikan itu mendorong perusahaan untuk mencoba menjual aset di Permian Basin Texas dan New Mexico, ladang minyak terbesar di negara itu.

Baca juga:AirPods Pro 2 Diprediksi Bakal Meluncur 2022 Mendatang

Chevron ingin menjual aset bernilai lebih rendah, sementara beberapa perusahaan besar, seperti Royal Dutch Shell (RDSa.L) sedang mempertimbangkan untuk keluar dari formasi sepenuhnya. Berbeda dengan fokus Chevron yang berinvestasi pada aset dengan kinerja tertinggi, Shell ingin keluar dari Permian untuk berinvestasi dalam transisi energi.

Sumber tersebut mengatakan, Chevron telah mempertahankan bank investasi untuk memasarkan beberapa ladang minyak dan gas Permian senilai USD879 juta dan memiliki aset tambahan lebih dari USD200 juta yang tersedia untuk dijual di tempat lain di cekungan.

Saham Chevron ditutup sekitar 1% lebih tinggi hari ini di USD104,74, bergerak di akhir sesi setelah dilaporkan rencana divestasi.

"Gambaran besarnya adalah bahwa Chevron memiliki salah satu posisi terbesar dan paling diuntungkan di Permian dan mampu menguji disiplin modal industri dengan apa yang dianggapnya sebagai aset marjinal yang merupakan paket yang jauh lebih kecil daripada penawaran potensial Shell," kata Paul Sankey, analis utama di Sankey Research di New York.

Proposal penawaran awal akan jatuh tempo pada 10 Juni, dengan tanggal penjualan 1 Juli yang direncanakan untuk paket yang lebih besar. Aset tersebut dioperasikan oleh Chevron dan Occidental Petroleum Corp (OXY.N) dan mencakup 57.000 hektare bersih (231 kilometer persegi) dengan produksi sekitar 10.100 barel setara minyak per hari.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa Chevron memasarkan aset konvensional di Permian Basin," kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)