Bantuan 500 Ton Oksigen untuk Medis Mengucur ke Pemerintah

Rabu, 07 Juli 2021 - 10:53 WIB
loading...
Bantuan 500 Ton Oksigen untuk Medis Mengucur ke Pemerintah
PT. IMIP memberikan bantuan berupa 21 unit isotank oksigen berkapasitas 20 ton, yang dapat digunakan sebagai pertolongan medis terhadap pasien Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lonjakan jumlah kasus Covid-19 yang terjadi satu bulan belakang telah berdampak pada meningkatnya kebutuhan terhadap oksigen dan tabung oksigen . Dalam satu bulan terakhir pula, permintaan masyarakat terhadap oksigen dan tabungnya mengalami peningkatan signifikan.

Merespon hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan koordinasi sebagai upaya menjaga ketersediaan pasokan oksigen untuk kebutuhan medis, terutama rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Stok Menipis, Mendag Jamin Impor Tabung Oksigen Bebas Hambatan

Hasilnya, perusahaan smelter nikel PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang terletak di Morowali, Sulawesi Tengah, memberikan bantuan berupa 21 unit isotank oksigen berkapasitas 20 ton, yang dapat digunakan sebagai pertolongan medis terhadap pasien Covid-19.

“Kami menyambut baik ajakan pemerintah kepada masyarakat industri untuk tanggap terhadap pemenuhan kebutuhan oksigen yang demikian besar dan berharap agar bantuan ini bisa membantu upaya penyembuhan pasien,” ujar CEO PT IMIP, Alexander Barus dalam sambutannya.

Bantuan isotank sebanyak 21 unit tersebut juga merupakan sinergi kerja sama antara swasta, pemerintah, dan BUMN, di mana PT Pelindo dan PT Pertamina (Persero) turut terlibat dalam penyediaan infrastruktur, sarana dan fasilitas (Sarfas) pendukung.



“Bantuan Oksigen ini dengan tulus merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas kemanusiaan kepada masyarakat Indonesia yang saat ini masih berjuang di tengah pandemi Covid-19,” ujar Alexander.

Sambung Alexander menjelaskan, bahwa 21 iso tank oksigen tersebut diambil dari pabrik oksigen di Morowali yang dibangun untuk mendukung produksi stainless steel dengan kapasitas produksi sebanyak 3 juta ton per tahun dan carbon steel 3,5 juta ton per tahun.

“Harapan para pemegang saham, direksi, dan seluruh karyawan di Kawasan IMIP Morowali yang berjumlah 64 ribu orang, kiranya bantuan oksigen ini dapat membantu pemerintah dalam menyelamatkan nyawa pasien yang terpapar Covid-19,” lanjutnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1685 seconds (10.177#12.26)