Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV Bergantung pada Efektivitas PPKM Level 4

Jum'at, 23 Juli 2021 - 18:29 WIB
loading...
Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV Bergantung pada Efektivitas PPKM Level 4
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom senior Fadhil Hasan menyatakan, perpanjangan masa PPKM darurat yang saat ini sudah berganti menjadi PPKM Level 4 akan membuat pertumbuhan ekonomi di triwulan III tahun 2021 ini terkoreksi hingga 5%. Malahan, jika PPKM Level 4 belum efektif bisa memberikan tekanan ekonomi pada triwulan IV.

Baca juga:Indonesia Disebut akan Beli Lebih Banyak Jet Latih KAI T-50 dari Korea Selatan

"Saya kira akan masuk akal pada triwulan III-2021 pertumbuhan ekonomi terpangkas tajam, lebih dari prediksi di angka 4% atau 5%. Jika dengan Level 4 belum membaik, tak hanya pertumbuhan ekonomi triwulan III, bahkan triwulan berikutnya akan menghadapi tekanan," kata Fadhil Hasan melalui webinar virtual, Jumat (23/7/2021).

Fadhil mengatakan, melihat kondisi krisis akibat pandemi ini kegiatan ekonomi sangat mebutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali normal dengan asumsi pandemi sudah lebih baik penangananya.

"Saya memprediksi PPKM Level 4 ini akan diakhiri di akhir Juli 2021. Setelah itu saya kira pemerintah besar kemungkinan akan kembali melakukan relaksasi. Besar kemungkinan ada restriksi tapi tidak akan seketat sebelumnya," ujarnya.

Berkaca dari tahun sebelumnya ketika pemerintah menerapkan PSBB di awal pandemi Covid-19 pada pertengahan Maret 2020, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I itu turun di angka 2% di banding tahun 2019.

Baca juga:Universitas Jember Medical Center Perluas Cakupan Penerima Vaksin

"Kalau kita melihat dan belajar dari hal tersebut saya kira pertumuhan ekonomi di triwulan III ini akan terpangkas tajam dan berbagai lembaga menyebutkan jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Ya harapannya semoga dengan adanya PPKM Level ini segera teratasi," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)