10% Milenial Isi Direksi BUMN, Banyak Korporasi Kakap Dunia Dikelola Anak Muda

Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:51 WIB
loading...
10% Milenial Isi Direksi BUMN, Banyak Korporasi Kakap Dunia Dikelola Anak Muda
Langkah Menteri Erick Thohir membuka pintu bagi milenial untuk bergabung dalam jajaran direksi BUMN disambut baik oleh HIPMI. Dimana menurutnya sudah banyak korporasi kakap kelas dunia dikelola anak muda. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) , Mardani H. Maming menyambut baik, langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang membuka pintu bagi para milenial untuk bergabung dalam jajaran direksi perusahan pelat merah. Dimana Erick menargetkan, sebanyak 10% direksi BUMN akan diisi oleh kaum milenial.



Maming menilai, kaum milenial mengisi kursi untuk menduduki jabatan sebagai direksi di BUMN sangat penting, agar perusahaan pelat merah itu mampu bersaing dengan korporasi-korporasi kakap di kawasan ASEAN ke depannya. HIPMI sangat mendukung langkah dari Menteri BUMN.

"Penting untuk daya saing BUMN ke depan dan menjadi agen pembangunan perekonomian bangsa. Kami sambut baik, Menteri Erick Thohir merekrut generasi-generasi muda atau milenial untuk menduduki pimpinan-pimpinan puncak di BUMN-BUMN," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (11/8/2021).

Tak hanya di BUMN menurut Maming, di lembaga lainnya pun harusnya ruang kepemimpinan untuk generasi milenial dibuka selebar-lebarnya. Menurutnya, Indonesia akan menghadapi bonus demografi, penting mempersiapkan generasi milenial untuk 10 tahun mendatang.

"Mereka harus mulai dilatih dipersiapkan dari sekarang agar mampu bersaing dengan milenial-milenial dari negara lain di era pasar tenaga kerja yang semakin terbuka dan bebas antar negara. BUMN-BUMN perlu segera melakukan regenerasi kepemimpinan, utamanya di manajemen menengah dan atas," ucapnya.

Selain itu, Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu mengatakan, regenerasi dilakukan pada tingkat direksi atau minimal pada level komisaris. Regenerasi ini dibutuhkan agar BUMN-BUMN semakin adaptif dan tidak hanya itu, mampu memimpin perubahan.

"BUMN harus transformasi, jika tidak regenerasi tidak berlangsung. Kita harus lahirkan talenta terbaik untuk di BUMN dan harus yang usia muda," ungkapnya.

Menurut dia, di era industri 4.0 ini, rata-rata korporasi-korporasi kakap dan terkaya dunia telah dikendalikan oleh generasi muda. Di tangan anak-anak muda ini, tidak perlu waktu lama bagi sebuah perusahaan untuk menjadi besar.

"Korporasi-korporasi kakap ini dikelola anak-anak muda, dengan siklus perkembangan cepat dan sangat inovatif. Generasinya sudah beda," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)