Kementerian PUPR Pastikan 7 Ruas Tol Bakal Diresmikan Tahun Ini

Jum'at, 29 Mei 2020 - 16:30 WIB
loading...
Kementerian PUPR Pastikan 7 Ruas Tol Bakal Diresmikan Tahun Ini
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan ada 7 ruas tol yang akan diresmikan tahun ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) memastikan pengerjaan proyek infrastruktur akan terus berjalan. Adapun, beberapa proyek infrastruktur akan rampung dan segera diresmikan pada tahun ini, termasuk jalan tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada 7 ruas tol yang akan diresmikan hingga akhir tahun nanti. Sebanyak 4 ruas tol akan diresmikan pada Juni 2020 mendatang. Salah satunya, yakni tol Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer. Saat ini ruas tol ini sedang melakukan uji layak fungsi (ULF) oleh Kementerian PUPR.

"Pada Juni ini yang bisa diresmikan pertama adalah Banda Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer sekarang uji layak fungsi untuk diresmikan," ujarnya dalam telekonfrensi, Jumat (29/5/2020).

(Baca Juga: Kementerian PUPR Pastikan Dukungan Jalan Tol Sebagai Jalur Logistik)

Dia menambahkan, ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 13 kilometer yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera. Saat ini ruas tol ini sedang dalam tahap uji laik fungsi (ULF) oleh Kementerian PUPR. Kemudian ruas tol lainnya adalah jalan tol Manado-Bitung seksi 1. Jalan tol ini merupakan garapan dari pemerintah yang semula seharusnya ditargetkan rampung pada April 2020 lalu.

Dan yang terakhir adalah ruas tol Balikpapan-Samarinda seksi I dan IV. Kedua ruas tol ini memiliki panjang 33 kilometer (km). "Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km sudah siap," ucapnya.

Dia menambahkan untuk ruas tol sisanya masih dipastikan akan diresmikan pada tahun ini. Meskipun dirinya tidak menyebutkan waktu pasti dari peresmian dan pengoperasian ketiga ruas tol tersebut.

"Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off-nya. Kemudian Cibitung Cilincing di JORR dan Kriyan-Legundi-Bunder Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)