MIND ID Siap Beli Pembangkit Listrik untuk Tingkatkan Produksi

Selasa, 31 Agustus 2021 - 20:48 WIB
loading...
MIND ID Siap Beli Pembangkit Listrik untuk Tingkatkan Produksi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mining Industry Indonesia (MIND ID) , holding BUMN industri pertambangan, berencana mengakuisisi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Asahan, Sumatera Utara. Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak menyebut, upaya pengambilalihan PLTA di Asahan untuk meningkatkan kapasitas produksi smelter.

"Kalau maunya sih mau (akuisisi) tapi kan dua belah pihak, tidak bisa bertepuk sebelah tangan," ujar Orias dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021).



Manajemen mengakui sudah ada komunikasi awal dengan PT PLN (Persero) dan mitra sebagai pemilik PLTA.

"Kan ada punya pihak ketiga, ada yang punya PLN yang sedang dibangun, ada juga salah satu punya PLN atau group PLN dan mitra. Pembicaraan-pembicaraan awal ya ada, tapikan harus dua belah pihak," ungkapnya.

Dia juga membeberkan, di tengah harga aluminium yang sedang meningkat, justru kapasitas produksi PT Inalum hanya mencapai 250.000 ton per tahun. Kapasitas tersebut tak kunjung bertambah sejak zaman kerja sama dengan Jepang.

Karena itu, kata Orias, perusahaan berencana menggenjot kapasitas produksi dengan membangun smelter baru dan mengakuisisi beberapa PLTA di Asahan, Sumatera Utara, untuk melistriki smelter.



"Zaman kerja sama dengan Jepang itu kapasitasnya hanya segitu (250 ribu ton). Yang kami butuhkan hanya PLTA yang bisa dipakai untuk kapasitas produksi. Jadi kami butuh pembangkit listrik tenaga air, yang ada beberapa di Asahan yang memang kami naksir untuk ambil. Kalau memang mereka mau untuk jual dan itu bisa dipakai untuk bangun smelter baru," tutur dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)