Ubah Mindset Petani Menuju Smart Farming, Jokowi Ajak IPB Jadi Pelopor Inovasi

Rabu, 01 September 2021 - 12:52 WIB
loading...
Ubah Mindset Petani Menuju Smart Farming, Jokowi Ajak IPB Jadi Pelopor Inovasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah terus berupaya mengubah petani Indonesia menuju pada pertanian cerdas atau smart farming. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan, pemerintah terus berupaya mengubah petani Indonesia menuju pada pertanian cerdas atau smart farming. Dimana ada tren pertanian 4.0 dan tantangan pembangunan di bidang pertanian yang semakin kompleks.

“Pemerintah terus berupaya untuk mengubah mindset petani, petani kita. Dari pertanian tradisional ke pertanian modern smart farming. Terus mengembangkan dan melakukan inovasi dalam pengembangan teknologi produksi dan sistem distribusi,” katanya dalam acara Dies Natalis ke-58 IPB, Rabu (1/9/2021).



Pada kesempatan itu Jokowi pun mengajak perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai pelopor inovasi di bidang pertanian.

“Menciptakan ruang yang makin nyaman bagi pemikiran dan karya-karya inovatif. Terus menemukan inovasi yang memberikan solusi cerdas bagi masyarakat. Khususnya peningkatan kesejahteraan para petani. Serta memperkuat hilirisasi riset dan inovasi dengan membangun jalinan yang kuat dengan dunia industri,” tuturnya.



Menurutnya dengan cara seperti itu IPB akan terus menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah pangan dan pertanian di Indonesia.

“Berkontribusi menghasilkan smart shortcut dalam peningkatan daya saing kita di bidang pangan dan pertanian. Sehingga negara kita dapat menjadi negara yang maju, yang berdikari di bidang pangan,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)