Raih Izin OJK, Global Sukses Solusi Tawarkan Harga IPO Rp254

Kamis, 02 September 2021 - 19:44 WIB
loading...
Raih Izin OJK, Global Sukses Solusi Tawarkan Harga IPO Rp254
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Selasa (31/8) lalu telah memberikan pernyataan efektif kepada PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) sebanyak 196,8 juta saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp4.

Dengan diperolehnya izin efektif dari OJK tersebut, perseroan mulai Kamis (2/9) hingga 6 September 2021 akan mulai melakukan Penawaran Umum Perdana Saham dengan harga Rp254 per saham. Dengan demikian, perusahaan akan meraih total dana dari IPO sebesar Rp49,987 miliar. Selanjutnya, perseroan akan melakukan penjatahan pada 6 September 2021, dan tanggal distribusi saham secara elektronik pada 7 september kemudian listing di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 September 2021.


Direktur Utama Global Sukses Solusi Sony Rachmadi Purnomo menyambut gembira dengan keluarnya izin efektif dari OJK dan mengungkapkan rasa bersyukur bahwa sebentar lagi Perseroannya akan mengukir milestone di tahun 2021 ini, sebagai perusahaan publik. “Sebentar lagi, kami akan menjadi perusahaan terbuka, sehingga kami harus bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan kinerja yang terus bertumbuh dan berkelanjutan demi kepentingan pemegang saham dan stakeholders,” kata Sony di Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Sebagai perusahaan dalam industri yang sedang berkembang, Global Sukses Solusi membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit jumlahnya untuk mengembangkan usahanya, dan pasar modal adalah lembaga finansial yang tepat dalam mewadahi perusahaan perusahaan startup dalam mencari pendanaan, dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pinjaman bank.

Global Sukses Solusi akan menjual saham sekitar 20,01% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO. Perusahaan juga akan mencatatkan seluruh saham biasa atas nama pemegang saham sebelum penawaran umum perdana saham sejumlah 786,75 juta saham. Sehingga jumlah seluruh saham yang akan dicatatkan di BEI adalah sebesar 983,55 juta saham biasa atas nama atau 100% dari modal disetor penuh sesudah penawaran ini.

Calon emiten berkode RUNS ini memiliki kegiatan usaha utama bergerak di bidang penyedia solusi software Enterprise Resource Planning (ERP) yang terintegrasi, dari proses bisnis hulu ke hilir (integrated end to end user business process) untuk segala bisnis dari skala menengah hingga besar. Perseroan juga memiliki empat jenis produk yaitu Run System yang merupakan ERP software, Run Market yaitu enterprise internediary platform, Run iProbe (HR enterprise solution system) dan iKas yaitu point of sales platform.


Menurutnya, dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham, sebagian besar atau sekitar 74% akan digunakan untuk modal kerja diantaranya yaitu untuk pembiayaan proyek baru, biaya overhead dan operasional. Sedangkan 11% akan digunakan untuk market acquisition and expansion, dan 10% akan digunakan untuk riset dan pengembangan.

“Sisanya sekitar 5% akan digunakan untuk belanja modal perseroan yang meliputi alat kerja dan prasarana diantaranya adalah komputer, server, router server, switchhub manageable, server rak 20U, firewall Fortinet, dan kendaraan operasional,” jelas Sony.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)