Berapa Kali Bisa Donor Plasma? Ini penjelasannya!

Rabu, 15 September 2021 - 07:25 WIB
loading...
Berapa Kali Bisa Donor Plasma? Ini penjelasannya!
Berapa kali bisa donor plasma harus diketahui.. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Berapa kali bisa donor plasma wajib diketahui, agar donor maksimal dan efektif. Terapi plasma konvalensen telah menjadi salah satu alternatif pengobatan Covid-19 di masa pandemi. Para penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya bagi pasien kritis atau bergejala berat dengan harapan dapat memberikan kekebalan tubuhnya secara alami.

Metode donor plasma konvalensen pada dasarnya sama seperti donor darah biasa. Hanya, donor plasma konvalensen hanya mengambil plasma darah yang dinilai mengandung antibodi untuk melawan Covid-19. Lantas, berapa kali seorang penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya?



Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19 dr. Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan, donor plasma konvalensen secara multiple belum ada studinya. Bahkan rekomendasinya juga belum muncul.

"Memang jeda pemberian plasma konvalensen ini juga terbatas. Misal orang yang sudah sembuh dari Covid-19 setelah 6 bulan atau 3 bulan," kata dr. Fajri saat diwawancarai MNC Portal Indonesia, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut dr. Fajri mengatakan, jumlah kekebalan dan antibodi yang dimiliki penyintas Covid-19 akan berkurang secara alami. Sehingga saat ini data mengenai donor plasma konvalensen secara multiple juga belum ada datanya.



"Bahkan penelitian terbaru yang baru dipublikasi sekira lima hari yang lalu mengatakan plasma konvalensen justru tidak berhasil menunjukkan adanya perbaikan pasien Covid-19. Jadi menurut jurnal yang dipublikasikan Nature, donor plasma konvalensen ini tidak disarankan," tuntasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)