Optimalkan Potensi Pariwisata Papua, Menparekraf Dorong Menteri Nadiem Hadirkan Poltekpar

Kamis, 23 September 2021 - 22:31 WIB
loading...
Optimalkan Potensi Pariwisata Papua, Menparekraf Dorong Menteri Nadiem Hadirkan Poltekpar
Potensi pariwisata di Papua sangat luar biasa, namun demikian potensi itu belum dikembangkan secara optimal lantaran keterbatasan SDM di sana. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ingin mengoptimalkan pembangunan industri pariwisata di Papua. Salah satunya dengan mendorong hadirnya sekolah pariwisata atau politeknik pariwisata (Poltekpar) di sana.

Guna mempercepat hadirnya Poltekpar di Papua , di sela kunjungan kerjanya ke provinsi tertimur di Indonesia itu, Sandi langsung menghubungi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

"Kita gercep dan konkret saja. Langsung menelepon bro Menteri Nadiem Makarim untuk mendorong segera hadirnya Poltekpar di Papua," kata Sandiaga dalam keterangan persnya, Kamis (23/9/2021).

Menurut Sandi, potensi pariwisata di Papua sangat luar biasa. Namun demikian potensi itu belum dikembangkan secara optimal lantaran keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di sana.

Baca juga: Selain Tukul Arwana, Ini Sejumlah Selebritas yang Pernah Alami Pendarahan Otak

Dalam pembicaraan itu, Sansdiaga mengajak Menteri Nadiem berkunjung ke Papua untuk melihat langsung betapa saat ini SDM yang berkualitas dibutuhkan untuk menggarap potensi yang ada.

"Anda harus ada di sini untuk melihat pariwisata di sini sangat potensial tapi SDM-nya tidak mendukung. Dan konsep merdeka belajar yang Anda usung dengan berbagai skilling itu cocok diterapkan di sini," ujar Sandi.

Baca juga: Ribuan Siswa Positif Covid-19, Amankah Sekolah Dibuka Kembali?

Sandi pun berharap akan segera tercipta SDM yang berkualitas dan berdaya saing di Papua untuk mengelola kekayaan sumber daya alam yang luar biasa sehingga lapangan kerja tercipta seluas-luasnya.

"Mohon doa dan dukungannya karena ini sebagai bentuk keseriusan kami memberikan perhatian dan menghadirkan pemerataan pendidikan serta ekonomi di timur Indonesia, Papua tercinta," ucapnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)