Jaga Data Pribadi, OJK Kasih Tips Aman Bertransaksi di Perbankan

Minggu, 26 September 2021 - 05:21 WIB
loading...
Jaga Data Pribadi, OJK Kasih Tips Aman Bertransaksi di Perbankan
OJK mengimbau masyarakat agar selalu waspada menjaga kerahasiaan data pribadi, termasuk saat melakukan transaksi di perbankan. Pasalnya, saat ini modus kejahatan semakin beragam. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) mengimbau masyarakat agar selalu waspada menjaga kerahasiaan data pribadi , termasuk saat melakukan transaksi di perbankan. Pasalnya, saat ini modus kejahatan semakin beragam.

“Masyarakat agar selalu waspada menjaga kerahasiaan data pribadi termasuk dalam melakukan transaksi di perbankan. Lakukan pengecekan rekening secara berkala dan jangan menandatangani formulir atau slip yang masih kosong,” kata Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot yang dikutip dari akun Instagram resmi OJK @ojkindonesia, Sabtu (25/9/2021).



Menanggapi hal tersebut, OJK memberikan langkah-langkah guna memastikan keamanan transaksi di perbankan. Mulai dari cek histori rekening/saldo secara berkala, hingga melapor jika menemukan transaksi mencurigakan.

“Pastikan keamanan transaksi di perbankan. Jika menemukan transaksi mencurigakan segera lapor ke Bank terkait dan Kontak OJK 157 @kontak157 melalui portal APPK di kontak157.ojk.go.id,” tulis OJK.



Berikut langkah-langkah guna memastikan keamanan transaksi di perbankan:

1. Cek histori rekening/saldo secara berkala.

2. Aktifkan fitur notifikasi transaksi melalui sms/internet/mobile banking.

3. Jangan pernah menandatangani formulir/slip kosong.

4. Jaga keamanan data pribadi. Jangan berikan kode OTP, PIN, Username, dan Password ke siapapun termasuk oknum pegawai bank. Ganti Password secara berkala.

5. Jika menemukan transaksi mencurigakan segera lapor ke bank terkait dan kontak OJK 157 melalui portal APPK di kontak157.ojk.go.id.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)