Expo 2020 Dubai, Paviliun Indonesia Promosikan Bumbu dan Rempah Asli Tanah Air

loading...
Expo 2020 Dubai, Paviliun Indonesia Promosikan Bumbu dan Rempah Asli Tanah Air
Indonesia berpartisipasi dalam Expo 2020 Dubai yang akan dimulai pada 1 Oktober 2021 mendatang. Foto/Dok Kemendag
JAKARTA - Expo 2020 Dubai akan dimulai pada 1 Oktober 2021 mendatang. Beragam persiapan pun dilakukan pemerintah Indonesia guna memperkenalkan Tanah Air di mata dunia. Sejumlah ajang unjuk potensi akan dihadirkan di Paviliun Indonesia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi mengatakan, Paviliun Indonesia akan mengusung konsep “Connecting Yesterday, Today and Tomorrow”. Konsep ini akan menampilkan perjalanan sejarah serta peran penting Indonesia di kancah internasional.

“Selain itu juga membawa kebangkitan Indonesia sebagai kekuatan internasional serta mengungkap potensi dan komitmen Indonesia sebagai anggota masyarakat global yang berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Didi seperti dikutip dari keterangan resminya, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Ini 4 Kunci UMKM Agar Tembus Pasar Global



Dia menerangkan, Paviliun Indonesia dibagi menjadi tiga zona, yaitu “Yesterday”, “Today”, dan “Tomorrow” yang menggambarkan Indonesia di masa lalu, saat ini, dan kesiapan masa depan.

Hal menarik lainnya, lanjut dia, pada Paviliun Indonesia nanti akan menghadirkan 26 tema mingguan dan lebih dari 75 forum bisnis. Pada Forum Bisnis, berbagai kementerian/lembaga dan pemerintah daerah akan menyampaikan secara bergantian untuk memberikan informasi lengkap tentang potensi Indonesia sesuai kategori tema yang diusung. “Ada tiga tema yang akan dibahas dalam Forum Bisnis, yakni bertemakan komoditas, industri dan ekonomi,” sebutnya.

Dia mengungkapkan, Forum Bisnis pada tema pertama akan membicarakan informasi, potensi perdagangan serta investasi yang dimiliki dari berbagai komoditas, seperti kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan, potensi hasil hutan bukan kayu, rempah-rempah asli Indonesia, serta pemanfaatan tanaman endemik Indonesia sebagai obat herbal.

Sementara itu, terdapat juga program rolling exhibition yang melibatkan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dengan menampilkan produk UMKM binaan unggulan yang siap ekspor.

Baca juga: Siap-siap Bunda, PeduliLindungi Bakal Diterapkan di Pasar Rakyat

Adapun program ini bertujuan untuk mengenalkan produk Indonesia dan mendorong produk UMKM agar bisa menembus pasar global dan meningkatkan nilai ekspor Indonesia. “Berbagai produk yang akan ditampilkan mulai dari kerajinan tangan, hiasan, makanan dan minuman, hingga fesyen,” urainya.



Didi menambahkan, dalam ajang Expo 2020 Dubai yang akan digelar beberapa hari lagi ini, Paviliun Indonesia secara khusus akan meluncurkan program Indonesia Spice Up The World (ISUTW) yang akan mempromosikan bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia di area rolling exhibition.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top