Ekspor Produk Makanan Halal Terus Meningkat di Tengah Pandemi

Senin, 04 Oktober 2021 - 20:52 WIB
loading...
Ekspor Produk Makanan Halal Terus Meningkat di Tengah Pandemi
Staf Khusus Wakil Presiden RI (Wapres) Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim melakukan pelepasan ekspor produk halal yang dikelola platform digital Goorita.com di area kargo Bandara Soekarno Hatta, Senin (4/10/2021).
A A A
JAKARTA - Ekspor produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berupa makanan halal seperti makanan halal siap saji, antara lain gado-gado, kue bulan, sambal, dan lainnya terus mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19.

Goorita.com bersama platform digital lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor (APDEI), telah melepas ekspor UMKM tahun ini yang mencapai angka triliunan rupiah.


CEO Goorita Yuwono Wicaksono mengatakan pada hari ini perseroan bersama APDEI kembali melepas ekspor produk UMKM makanan halal ke sejumlah negara. Untuk ekspor kali ini dikirim ke negara Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Saudi Arabia.

“Hari ini kami ekspor 3 ton produk UMKM halal, dan selama 2021 Goorita.com sudah mengekspor 120 ton dengan nilai USD4 juta,” kata Yuwono saat menghadiri pelepasan ekspor produk halal yang dikelola platform digital Goorita.com di area kargo Bandara Soekarno Hatta, Senin (4/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Staf Khusus Wakil Presiden RI (Wapres) Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim.

Stafsus Wapres memecahkan kendi bersama Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi, Otoritas Bandara Soekarno Hatta Kapten Yufridan Gandoz, CEO Goorita Yuwono Wicaksono, CEO DHL Indonesia Rocky Pesik, CEO DHL, Purnomo Kepala Bidang Pabean Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Banten, dan Operation dan Komersial UNEX Hardin Daihar.

Menurut Yuwono, komoditas yang diekspor adalah produk UMKM yang 90%-nya berupa makanan halal seperti makanan halal siap saji, antara lain gado-gado, kue bulan, sambal, dan lainnya.

“Saat ini pasarnya adalah diaspora, tapi banyak juga warga negara lokal di luar negeri yang konsumsi produk Indonesia,” jelasnya.

Staf Khusus Wapres Lukmanul Hakim menyatakan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melakukan refocusing peningkatan ekspor Indonesia terutama produk UMKM dan produk halal. “Ekspor bidang pangan baru 17% dengan nilai Rp483 triliun dan ini akan terus tumbuh,” kata Lukman.

Lukman menyebutkan, ekspor UMKM dan produk halal ini masih kecil. Tapi ini memiliki potensi besar dan memberikan dampak ekonomi besar karena UMKM mencapai 64 juta usaha dan mempekerjakan 127 juta orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3906 seconds (0.1#10.140)