Petani Milenial Cianjur Tembus Supermarket Korea di Jakarta

Kamis, 07 Oktober 2021 - 09:22 WIB
loading...
A A A
Ketertarikan Satria pada pertanian, tak lepas dari peran ayahnya, Santoso, petani sekaligus Ketua P4S Agro Farm Cianjur, yang berupaya menanamkan cinta pertanian pada putranya sejak usia belia.

(Baca juga:Luncurkan Petani Milenial Komoditas Lebah Madu, Ridwan Kamil: Tinggal di Desa Rezeki Kota)

“Sektor pertanian sangat menjanjikan. Jangan malu menjadi anak petani. Kamu harus membuktikan anak petani mampu menjadi petani sukses,” kata Satria mengutip pesan ayahnya sebagai pemicu semangat.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan BPPSDMP) Idha Widi Arsanti menilai langkah Satria membuktikan bahwa sektor pertanian dapat dikerjakan siapa saja, khususnya generasi muda, dan Satria memberi contoh bagaimana mengelola pertanian secara bisnis yang berorientasi laba.

“Cirinya, dengan mengembangkan produksi bernilai tambah sebagai manifestasi pertanian maju, mandiri dan modern yang menguasai sektor hulu hingga ke hilir,” kata Kapusdik Idha WA yang juga Direktur Program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS).

Lahir dan besar di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Cianjur memberi peluang bagi Satria mewujudkan tekad dan ambisinya. Apalagi, Cianjur dikenal sebagai pemasok komoditas hortikultura unggulan ke Jakarta dan Bandung hingga ke mancanegara.

(Baca juga:Petani Milenial Indramayu Kembangkan Sistem Pertanian Berbasis Android)

Bermodalkan uang saku kuliah, dia memulai budidaya hortikultura khas Cianjur plus zucchini, sayur dari spesies cucurbita pepo, kerap disebut summer squash karena berkaitan dengan squash lain seperti melon dan timun.

“Orang tua tidak memberi modal khusus, hanya uang saku, yang saya tabung untuk modal usaha. Usaha tani menjanjikan dan menguntungkan. Bisa dilakukan di mana saja dan tidak akan berhenti selama orang masih butuh makan,” katanya.

Sebagai pemula, Satria meraih omset minimal Rp3 jutaan per bulan. Kini, produknya mengisi pasar online dan offline seperti supermarket MGH Jakarta, hotel maupun restoran terdekat hingga bermitra dengan Agro Segar, Sun Farm, Palm Maleber, Poktan Mandiri dan Sayur Pedia dan berencana bermitra dengan Sayur Box.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)