Ajak Masyarakat Bantu Sambung Listrik Warga Tak Mampu, PLN Kembali Gelar VCRR

Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:02 WIB
loading...
Ajak Masyarakat Bantu Sambung Listrik Warga Tak Mampu, PLN Kembali Gelar VCRR
PLN kembali menggelar virtual charity run and ride (VCRR) untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Seperti sebelumnya, ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja ini digelar untuk tujuan amal.

Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang akan digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76.



"Di tengah pandemi, kami ingin mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Tak hanya itu, langkah kaki dan kayuhan sepedanya pun ini akan menghadirkan listrik bagi saudara-saudara kita yang tidak mampu," ungkap Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Syofvi Felienty Roekman dalam keterangan resminya, Kamis (14/10/2021).

Dia menuturkan, sebagai BUMN yang ditugasi menyediakan listrik di seluruh negeri, PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi secara nasional. Rasio elektrifikasi yang pada 2015 baru sekitar 88% pada Agustus 2021 telah meingkat mencapai 99,4%.

Syofvi mengungkapkan, banyak tantangan yang dihadapi PLN dalam melistriki seluruh wilayah Indonesia. Selain kondisi geografis, daerah terpencil yang sulit diakses, tantangan lainnya adalah keterbatasan masyarakat kurang mampu untuk melakukan penyambungan listrik.

Untuk diketahui, instalasi dalam rumah dan biaya penyambungan listrik adalah menjadi tanggung jawab pelanggan. Sebagai informasi, biaya penyambungan listrik satu rumah termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah dan sertifikat laik operasi sekitar Rp800 ribu sampai Rp1 juta.

"Masyarakat yang tidak mampu inilah yang akan kita bantu. Setelah sukses pada tahun lalu, PLN tahun ini kembali menggagas acara ini, mengajak masyarakat ikut serta, berbagi energi untuk menerangi nusantara. Tidak dengan uang, tapi masyarakat cukup berolahraga melalui lari atau bersepeda," jelas Syofvi.



Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp40.000 ,- dan sepeda sebesar Rp36.000,-. Uang tersebut akan digunakan untuk biaya penyambungan listrik ke rumah masyarakat tidak mampu yang tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA.

Tahun lalu, melalui gelaran PLN VCRR 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8.000 keluarga prasejahtera.

Periode pendaftaran PLN Mobile VCRR 2021 akan dibuka mulai tanggal 14 s.d. 22 Oktober 2021 melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore/Appstore. "Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website plnmobilevcrr.pln.co.id, instagram @pln_id atau hubungi admin di +62 813-1687-6593 (Chat Only) serta email info.plnmobilevcrr@pln.co.id," tutupnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0772 seconds (0.1#10.140)