Realisasi Penyaluran Stimulus PEN Bank Himbara Capai Rp376 Triliun

Kamis, 14 Oktober 2021 - 18:30 WIB
loading...
Realisasi Penyaluran Stimulus PEN Bank Himbara Capai Rp376 Triliun
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut realisasi stimulus PEN Bank Himbara capai Rp376 triliun. FOTO/Kementerian BUMN
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan anggaran stimulus pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang sudah disalurkan Bank Himbara mencapai Rp376 triliun. Adapun jumlah tersebut menyasar 57 juta penerima manfaat.

"Beberapa inisiasi BUMN, kita bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Ketenagakerjaan, dan K/L lainnya, BUMN menyalurkan stimulus PEN sebesar Rp 376 triliun kepada 57 juta kelompok penerima manfaat," ujar Erick dalam gelaran Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021 Kamis, (14/10/2021).



Selain itu, nominal restrukturisasi kredit atas debitur yang terdampak Covid-19 yang disalurkan BUMN mencapai Rp 29 triliun kepada 5,36 juta debitur. Erick mencatat, langkah efisiensi secara masif terus dilakukan manajemen perusahaan. Salah satu tujuannya agar perseroan bisa berkontribusi kepada negara baik dari dividen, pajak, hingga penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Alhamdulillah dengan segala tekanan dan berbagai cara, kita lakukan efisiensi konsolidasi di 2020 kita bisa memberikan pemasukan alternatif kepada negara sebanyak Rp 377 triliun yang terdiri dari pajak, dividen, dan PNBP," ungkap dia.

Menurutnya, pemulihan ekonomi menjadi suatu keharusan. Namun Indonesia terlebih dahulu membangun dan memulihkan sektor kesehatan secara nasional. Itu karena kesehatan juga merupakan fundamental dalam perekonomian nasional. Hal itu sesuai dengan prinsip Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

Baca Juga: Tak Punya Rekening Bank Himbara, Begini Cara Dapat Subsidi Gaji Rp1 Juta

"Dengan kami berupaya menemukan vaksin Merah Putih atau vaksin BUMN yang di mana vaksin Merah Putih kita bekerja sama dengan berbagai pihak dari universitas terbaik di Indonesia maupun lembaga riset juga. Kita juga membuka kerja sama dengan universitas yang sangat terkenal di dunia," tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)