Perluas Jangkauan Internet, Merger Perusahaan Telko Didukung

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 17:15 WIB
loading...
Perluas Jangkauan Internet, Merger Perusahaan Telko Didukung
Merger Indosat dan 3 akan memperluas jangkauan internet. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menargetkan seluruh wilayah Indonesia terjangkau internet pada 2024. Target itu masuk dalam program Indonesia Merdeka Sinyal 2024 sehingga butuh dukungan seluruh provider di Tanah Air.

Hal ini mengingat masih adanya keluhan masyarakat terkait dengan jangkauan internet di seluruh wilayah Nusantara dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ). Selain di luar Jawa, di beberapa wilayah Jawa juga masih terjadi blank spot, terutama di kawasan rural dan pedesaan.

Menyikapi target itu anggota Komisi I DPR Kresna Dewanata Phrosakh mengatakan, langkah apa pun yang bisa memperluas jaringan internet tak akan menjadi permasalahan. Termasuk merger antara Indosat dan Hutchinson 3.



"Perusahaan atau provider apa pun kalau mau merger, asal itu bisa makin memperluas jangkauannya ke seluruh pelosok area di Indonesia, saya rasa tidak ada masalah," kata Kresna, Sabtu (16/10/2021).

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur V ini merespons positif pernyataan Menkominfo terkait merger Indosat dan Hutchinson 3. Johnny mengatakan penggabungan dua perusahaan merupakan terobosan untuk mempercepat transformasi digital.

"Kalau Menkominfo menyatakan hal itu, pastinya beberapa kajian sudah dilakukan. Kita berharap apa yang dinyatakan benar-benar dapat terjadi, kita pastinya mendukung langkah Menkominfo asal bisa memberi dampak yang baik bagi masyarakat," ujar Kresna.

Menurut dia, tujuan akhir dari perluasan jaringan internet adalah dampak positif bagi masyarakat. Jangan sampai kegiatan bisnis itu malah menguntungkan sebagian golongan.

Kresna juga berharap merger perusahaan telekomunikasi benar-benar dipantau Kemenkominfo. Khususnya memastikan dampaknya untuk kepentingan nasional.

"Kepentingan nasional kita harus bisa dipertahankan dan harus bisa mendapat benefit yang luar biasa. Jadi Merdeka Sinyal 2024, tapi sekali lagi kepentingan nasional ada di atas segala-galanya. Jadi jangan sampai terkait dengan ini justru negara lain yang mendapat manfaatnya," kata Kresna.



Sebelumnya, Menkominfo Johnny menyambut baik merger antara Indosat dan Hutchinson 3. Johnny mengatakan hal itu sebagai terobosan untuk efisiensi industri telekomunikasi dan percepatan transformasi digital.

"Kami menyambut baik konsolidasi industri telekomunikasi secara khusus telekomunikasi selular. Ini tentu kabar baik. Suatu terobosan untuk efisiensi industri telekomunikasi serta percepatan transformasi digital Indonesia," kata Johnny.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0852 seconds (0.1#10.140)