Jika Sesar Lembang Bergerak Ini Prediksi Guncangan dan Kerusakan Bangunan Akibat Gempa

Senin, 18 Oktober 2021 - 18:33 WIB
loading...
Jika Sesar Lembang Bergerak Ini Prediksi Guncangan dan Kerusakan Bangunan Akibat Gempa
Prediksi guncangan dan kerusakan bangunan akibat sesar Lembang.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pergerakan sesar Lembang yang diprediksi bakal menyebabkan gempa bumi hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun sebagai warga Bandung, masyarakat diminta bisa memitigasi dan antisipasi jika sewaktu waktu bencana tersebut datang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri, saat ini telah membuat skenario peta guncangan dengan sumber gempa bumi di Sesar Lembang. Skenario ini dimaksudkan agar masyarakat waspada dan bisa aware terhadap potensi bencana di wilayahnya.

Baca juga: Terangsang Lihat Gadis Telanjang saat Mandi, Pemuda Bejat Ini Perkosa dan Membunuhnya

Menurut Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, berdasarkan rumus empiris Wall dan Copersmith 1994, potensi gempa bumi yg ditimbulkan aktivitas sesar Lembang, diprediksi memiliki kekuatan gempa maksimum sebesar M 6.8 skala richter (SR).

Pusat gempa diprediksi terjadi di sebelah barat Kota Bandung, dan selatan Cimahi, serta utara Seorang (BMKG menandai dengan bintang hitam). "Dampak yang disebabkan berkisar 120 - 220 gal atau VI – VII MMI," jelas dia, Senin (18/10/2021).

Untuk dampak skala VI hingga VII MMI, masyarakat akan berhamburan keluar rumah. Kemudian terjadi kerusakan ringan pada rumah-rumah atau gedung dengan bangunan dan konstruksi yang baik.

"Sedangkan pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak-retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Gempa juga diprediksi akan terasa oleh orang yang naik kendaraan," beber dia.

Adapun wilayah yang paling terdampak akibat aktivitas Sesar Lembang berdasarkan skenario yang telah dibuat yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Purwakarta.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0863 seconds (0.1#10.140)