Mahasiswa Perlu Tahu, Begini Langkah Perencanaan Karier Agar Sukses di Dunia Kerja

Rabu, 20 Oktober 2021 - 12:30 WIB
loading...
Mahasiswa Perlu Tahu, Begini Langkah Perencanaan Karier Agar Sukses di Dunia Kerja
Universitas Airlangga (Unair). Foto/Dok/Humas Unair
A A A
JAKARTA - Merencanakan karier adalah salah satu hal yang seharusnya dilakukan sejak dini. Untuk itu, Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga ( DPKKA UNAIR ) menggelar webinar Airlangga Career Club bertajuk Step Up Your Career Plan.

Menghadirkan pembicara yakni Ahmad Musafa, acara tersebut mengulas mengenai langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk merencanakan karier.



“Awalnya, paling tidak kita harus mengenal diri kita sendiri melalui refleksi diri atau self reflection,” katanya melansir laman resmi UNAIR di unair.ac.id, Selasa (19/10/2021).

Ahmad Musafa yang akrab disapa MED Musafa mengatakan, kita memiliki cara yang berbeda dalam merefleksikan diri kita masing-masing. Menurutnya, dengan memahami kebutuhan diri maka hal itu dapat membantu kita untuk mengenali diri sendiri melalui proses refleksi.

“Refleksikan dirimu sendiri, ketahuilah nilai dalam dirimu, pahami bakat-bakat dan minatmu, serta pikirkan sedini mungkin,” ujar MED yang merupakan human resource di Tata Consultancy Services.



Setelah mengenali diri melalui proses refleksi, MED menganjurkan bahwa kita dapat membuat goal setting (menetapkan tujuan karier, Red). Dalam goal setting, kita dapat menuliskan mengenai hal-hal yang ingin kita capai. Goal setting, merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membentuk perencanaan karier.

MED, menyarankan agar kita dapat menetapkan goal setting melalui pemahaman SMART. Hal itu adalah akronim dari specific, measurable, attainable, relevant, and timebound.

“Kemudian dan yang paling penting adalah mengembangkan perencanaan karier atau develop a plan. Karena bagaimanapun bahwa tujuan tanpa perencanaan, akan hanya menjadi harapan,” lanjut MED.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3323 seconds (0.1#10.140)