2 Tahun Jokowi – Ma’ruf, Istana Ungkap Berbagai Capaian

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 09:25 WIB
loading...
2 Tahun Jokowi – Ma’ruf, Istana Ungkap Berbagai Capaian
Pihak Istana menyampaikan berbagai capaian selama dua tahun Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pihak Istana menyampaikan berbagai capaian selama dua tahun Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin . Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan Presiden Jokowi selama dua tahun ini berhasil menciptakan keseimbangan dalam mengatasi berbagai persoalan di Tanah Air.

“Selama dua tahun pemerintahan, Presiden Joko Widodo menciptakan keseimbangan antara penanganan pandemi, kebijakan keberlanjutan pembangunan nasional, serta pengawalan keadilan, hukum dan HAM,” ujarnya dalam pers rilisnya, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, dia mengungkapkan Presiden Jokowi fokus pada penyelamatan kesehatan dan daya tahan sosial ekonomi rakyat secara simultan dalam penanganan pandemi. Penanganan kesehatan dalam masa pandemi dimulai dengan strategi pembentukan pelayanan kesehatan.



“Di antaranya membangun sistem RS rujukan pasien Covid-19 nasional, sistem 3T (test, tracing, treatment), penjaminan ketersediaan obat dan perlengkapan medis, serta edukasi masif protokol kesehatan,” katanya.

Sedangkan untuk penanganan sosial ekonomi diwujudkan dalam bentuk insentif keringanan pajak, bantuan modal UMKM, bantuan sosial dengan berbagai skema, dan kartu prakerja. Kebijakan perlindungan terhadap WNI terdampak pandemi yang ada di luar negeri juga dijalankan secara simultan, seperti penjemputan WNI dari Tiongkok, Jepang, dan fasilitasi kepulangan TKI dari beberapa negara.

Dia mengatakan keberhasilan diplomasi Presiden Jokowi dalam pengadaan vaksin yang dilakukan sejak pertengahan 2020. “Alhamdulillah, kerja keras ini menghasilkan pengadaan vaksin baik produk jadi dan bahan mentah sehingga Indonesia menjadi negara dengan vaksinasi tertinggi nomor enam di dunia,” imbuhnya.

Dia menuturkan upaya pengembangan vaksin produk dalam negeri Vaksin Merah Putih oleh lembaga penelitian dan universitas-universitas terus didorong. “Sehingga diharapkan Indonesia mandiri dalam produksi vaksin Ccvid-19 pada tahun 2022,” tuturnya.

Fadjroel juga mengatakan bahwa penanganan pandemi Covid-19 Indonesia diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia pada September 2021. Hal ini dilihat dari keberhasilan memutus mata rantai persebaran virus itu, vaksinasi dan perekonomian.

“Ekonomi Indonesia pada Triwulan kedua 2021 mencapai pertumbuhan 7,07% setelah pada awal pandemi 2020 terkontraksi sampai -5,32%. Pada level sosial ekonomi mikro daya beli, geliat UMKM, dan ketahanan sosial masyarakat tetap terjaga. Tiga strategi penanganan pandemi Covid-19 yaitu: kesehatan, perlindungan sosial, dan pemulihan ekonomi khususnya UMKM menunjukkan hasil positif yang diakui masyarakat dunia.,” kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)