Tips Belanja Online tapi Gaji Nggak Cepat Habis!

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 16:40 WIB
loading...
Tips Belanja Online tapi Gaji Nggak Cepat Habis!
Memanfaatkan promo, belanja sesuai kebutuhan, serta berinvestasi adalah beberapa langkah untuk membuat gaji tidak cepat habis. Foto: dok Tokopedia
A A A
JAKARTA - Situasi pandemi penuh ketidakpastian. Sehingga, masyarakat harus lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB UI menyebut rata-rata pengeluaran bulanan masyarakat sebelum dan saat pandemi di Tokopedia meningkat 71%. Artinya, masyarakat justru aktif berbelanja di masa pandemi.



Namun, kemudahan berbelanja online terkadang membuat konsumen terlena. Gaji bulanan cepat habis karena membeli beragam kebutuhan yang terkadang tidak penting.

Padahal, menurut AVP of Payment Tokopedia Astrid Theresia Tampubolon, mengelola penghasilan dengan bijaksana sangat penting agar setiap bulan ada dana yang dialokasikan untuk kebutuhan mendadak. ”Terutama di tengah situasi tidak pasti seperti sekarang,” ujarnya. Berikut tips mengelola penghasilan dengan bijak di masa pandemi menurut Tokopedia:

1. Catat Semua Pengeluaran
Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak perlu ke depannya.

2. Atur Prioritas Kebutuhan
Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

3. Manfaatkan Promo
Jeli memanfaatkan promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien. ”Di Tokopedia masyarakat bisa mendapat promo setiap hari di Tokopedia.com/promo. Salah satunya cashback hingga Rp75.000 jika menggunakan Gopay atau GoPayLater hingga 31 Oktober 2021 mendatang,” beber Astrid.

4. Pisahkan Rekening Tabungan
Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini membuat pengelolaan keuangan lebih efektif.


5. Jangan Lupa Investasi
Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie menyarankan saat mulai berinvestasi, masyarakat perlu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai risiko dan keuntungan masing-masing. ”Pastikan produk investasi tersebut telah memiliki izin serta menyajikan portofolio laporan investasi transparan,” ujarnya di acara virtual Tokopedia beberapa waktu lalu.

”Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksadana, misalnya, dapat menjadi pilihan investasi yang aman dan terjangkau, terutama untuk pemula, serta dapat dijalankan baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang,” ungkap Prita.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)