LRT Jabodebek Tabrakan, Kemenhub Buka Suara

Senin, 25 Oktober 2021 - 21:22 WIB
loading...
LRT Jabodebek Tabrakan, Kemenhub Buka Suara
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons kecelakaan Light Rail Transit atau LRT Jabodebek saat sedang pengujian sarana internal oleh PT INKA, di antara petak Stasiun Harjamukti - Stasiun Ciracas. Foto/Inews.tv
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) merespons kecelakaan Light Rail Transit atau LRT Jabodebek saat sedang sesi uji coba. Tabrakan LRT terjadi saat tengah dilakukan langsir dalam rangka pengujian sarana internal oleh PT INKA, di antara petak Stasiun Harjamukti - Stasiun Ciracas

"Kami menyayangkan terjadinya insiden ini di tengah pelaksanaan ujicoba dinamis yang bertujuan untuk menjamin keselamatan LRT," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri melalui keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Senin (25/10/2021).



Zulfikri mengatakan bahwa tahapan pengujian yang dilakukan merupakan proses penting dalam memastikan faktor keselamatan dan keamananan transportasi LRT Jabodebek.

"Tahapan pengujian yang dilakukan merupakan proses penting dalam memastikan faktor keselamatan dan keamananan transportasi LRT Jabodebek. Dan seharusnya proses ini dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian," tegasnya.

Kemenhub juga meminta proses investigasi dan evaluasi atas insiden ini dapat segera dilaksanakan dengan baik karena aspek keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama dalam bertransportasi.

"Kami juga turut prihatin atas satu korban luka dalam insiden ini yaitu Masinis yang saat ini sudah dirawat di rumah sakit dan mendoakan korban dapat segera pulih. Kami pastikan dalam insiden ini tidak ada korban jiwa," imbuhnya.



Terkait kondisi jalur LRT masih dilakukan investigasi, namun terlihat ada dampak minor pada beberapa third rail pada jalur tersebut, sedangkan untuk struktur tidak ada kerusakan.

"Kami himbau kepada pihak PT.INKA agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan uji coba dan selalu mengutamakan faktor keselamatan," pungkas Zulfikri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)