Produksi Gabah Naik, Stok Pangan Aman

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:21 WIB
loading...
Produksi Gabah Naik, Stok Pangan Aman
Mentan Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih melakukan panen padi dengan alat mesin pertanian. (Foto: Dok. YESS)
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian terus memacu produksi pangan guna memastikan stok terjamin dalam kondisi aman. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan potensi produksi padi 2021 mencapai 55,27 juta ton gabah kering giling (GKG) atau naik 1,14% dibandingkan 2020.

“Kementan mengupayakan tiada hari tanpa panen dan tanam di berbagai titik di Indonesia. Sesuai arahan Presiden Jokowi, hal ini merupakan upaya memastikan ketersediaan bahan pangan, menjaga stabilisasi harga dan meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/10/2021).

Pada puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Senin (25/10), Mentan mengatakan Indonesia senantiasa mampu menjaga ketahanan pangannya.

(Baca juga:Panen Raya di Karawang, Kang Kamil Dorong Produksi Beras Jabar Setara Vietnam)

Sektor pertanian menunjukkan kinerja menggembirakan seperti pada kuartal II/2020, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tumbuh 16,24% kuartal ke kuartal (q-to-q). Pada kuartal III dan IV, PDB pertanian tumbuh 2,15% dan 2,59% tahun ke tahun (y-on-y) dan mampu menjadi penyelamat memburuknya resesi ekonomi nasional.

“Kita bersyukur hari ini kita peringati hari pangan sedunia, sebagai negara ke empat terbesar di dunia dengan 270 juta penduduk, tidak pernah mendengar ada orang mati karena kelaparan,” kata Mentan Syahrul.

Tidak hanya itu, kinerja ekspor produk pertanian juga menggembirakan. Selama Januari-Desember 2020 nilai ekspor mencapai Rp451,8 triliun dan meningkat 15,79% dibandingkan periode yang sama 2019 sebesar Rp390,2 triliun. Peningkatannya berlanjut memasuki Januari-September 2021, nilai ekspor mencapai Rp450 triliun atau tumbuh 45,36% ketimbang periode yang sama 2020 yang mencapai Rp309,58 triliun.

(Baca juga:Peningkatan Produksi Beras di Lampung Tertinggi se-Indonesia)

“Pertanian Indonesia dengan alam yang baik ini akan menghasilkan jika kita mau bekerja, mengakselerasi dan membangun budaya pertanian yang agresif, konsepsi dengan riset dan teknologi yang maju,” kata Mentan.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan Syahrul mengapresiasi semua pihak yang berpartisipasi dan memberikan kontribusi memajukan sektor pertanian, utamanya para petani di seluruh Indonesia yang tanpa lelah bekerja dan memastikan sawah terus menghasilkan pangan untuk 273 juta penduduk Indonesia.

“Secara khusus dalam peringatan HPS ini, saya mengucapkan terima kasih banyak untuk Presiden Jokowi yang terus turun ke lapangan, turun ke sawah. Terima kasih juga pada para gubernur, bupati, wali kota dan menteri yang sudah mendukung sektor pertanian dan terus bergerak sehingga sektor pertanian tetap eksis di masa pandemi,” kata Mentan Syahrul.

(Baca juga:Produksi Beras di Jawa Timur Selama 2021 Diprediksi Menurun)

Dia mengingatkan tantangan ke depan seperti dilaporkan Badan Pangan Dunia (FAO) tentang empat tantangan global yakni pangan, energi, air dan infrastuktur, maka Indonesia perlu mengantisipasi tantangan tersebut dengan berbagai program, inovasi dan riset serta teknologi sehingga sektor pertanian tetap eksis.

“Besok tantangan kita sangat besar, kalau begitu antisipasi harus sedini mungkin. Hadirkan pertanian dalam pikiran dalam hidup kita. Pertanian itu lapangan kerja. Kita tanamkan untuk generasi muda bahwa bertani itu hebat, menjadi petani itu pasti keren,” kata Mentan.

Puncak peringatan HPS ke-41 ini dirayakan serentak secara virtual di berbagai provinsi dan kabupaten dengan melakukan panen serentak. Usai panen, Mentan Syahrul juga menyaksikan olah tanah menggunakan alat mesin pertanian.

Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih menyambut baik dan turut berbahagia atas terlaksananyadengan puncak peringatan HPS tingkat nasional yang dipusatkan di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupetan Cirebon, Jawa Barat.

“Hari ini kita sangat bersyukur bisa memperingati HPS dengan tema pertanian meningkat, pangan aman, di tengah pandemi krisis global. Ini salah satu bukti bahwa produksi pangan kita khususnya beras masih mampu mencukupi kebutuhan pangan nasional,” ucapnya.

Bupati Wahyu menyebutkan setiap tahun produksi beras Cirebon surplus rata-rata 90.000 ton per tahun dan berkontribusi terhadap swasembada beras nasional. Kabupaten Cirebon sampai saat ini masih menjadi lumbung beras nasional. Komoditas unggulannya adalah padi, mangga dan bawang merah. Produksi rata-rata per tahun untuk padi mencapai 545.269 ton GKG, mangga 42.109 ton dan bawang merah 36.703 ton.

“Pemerintah sampai saat ini masih menempatkan sektor pertanian sebagai sektor strategis nasional. Hal ini tentunya sangat didukung oleh pemerintah kabupaten yang menjadikan sektor pertanian sebagai andalan ekonomi Kabupaten Cirebon,” katanya.

Hadir langsung dalam acara peringatan HPS Ke-41 Kepala Perwakilan IFAD di Indonesia, Mr Ivan Cossio Cortez dan Asisten Kepala Perwakilan FAO di Indonesia, Ageng Heriyanto; Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Luthfi; Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi; Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono; Anggota Komisi IV DPR RI, Sutrisno; Anggota Komite II DPD RI, KH Amang Syafrudin; jajaran Eselon I Kementan serta hadir secara virtual duta besar dari 17 negara dan perwakilan 13 kedutaan di Indonesia.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)