Ini Deretan Brand yang Sukses Membangun Popularitas Secara Digital

Senin, 01 November 2021 - 09:26 WIB
loading...
Ini Deretan Brand yang Sukses Membangun Popularitas Secara Digital
Media digital jadi sarana untuk membangun kesuksesan sebuah brand. Fot/Ist
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membawa gelombang digitalisasi di berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam bidang bisnis. Tingginya aktivitas masyarakat di ranah digital memberikan peluang bagi brand untuk membangun brand awareness dengan lebih mudah namun dengan dampak yang lebih masif.

Menarik bila mengintip laporan Data Never Sleeps 2021 yang dikeluarkan oleh DOMO, sebuah perusahaan sistem operasi berbasis cloud, dalam satu menit terjadi 5,7 juta pencarian di Google, 44 juta aktif di Facebook, dan enam juta orang belanja online. Data itu menunjukkan betapa tingginya aktivitas digital yang saat ini terjadi.



Laporan itu juga mengkapture jumlah pengguna internet yang mencapai 5,2 miliar di dunia, Indonesia sendiri masuk dalam negara yang layak diperhitungkan karena jumlah pengguna internet aktif mencapai 202,6 juta. Dengan pertumbuhan internet yang pesat, Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan.

Dengan ekosistem digital yang semakin luas, upaya membangun brand awareness yang dapat dilakukan adalah meningkatkan popularitas di mesin pencari. Cara itu dapat dilakukan dengan memperbanyak pemberitaan di media, membangun media sosial, atau membuat official website. Dengan cara ini membuat sebuah brand semakin dikenal masyarakat di ranah digital.

Untuk mengukur brand-brand popular pilihan netizen, untuk ke-24 kalinya INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia, serta IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner, menyelenggarakan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2021. Itu adalah sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brandnya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan IDPBA 2021 Fase 4 diberikan kepada brand-brand popular di era digital melalui tiga parameter penilaian, yaitu Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based dengan melakukan riset kepada 150 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand terriset di Indonesia pada bulan Juli-September 2021.

"Berdasarkan riset IDPBA 2021 Fase 4, sepuluh kategori paling dicari antara lain situs jual beli online (13,32 juta), jasa kurir (3,16 juta), multiplatform televisi kabel (2,7 juta), aplikasi booking penginapan/hotel (1,4 juta), supermarket perkakas rumah & dekorasi (478,1 ribu), apotek (439,5 ribu), departemen store (404,3 ribu), surgical face mask (194,8 ribu), mobil MPV (179,1 ribu), dan bengkel & aksesoris motor (175,1 ribu)," kata Tri Raharjo, dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Berikut deretan brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021: Panasonic (pompa booster dan pompa air listrik), Philips (UV-C disinfection lamp), Avrist Asya Link (asuransi jiwa syariah), Vitalis (body cologne wanita), Fibrefirst (suplemen serat), Paramount Land (developer perumahan), Softies (surgical face mask), JNE (jasa kurir), Mitra Keluarga (rumah sakit), Kimia Farma Apotek (apotek), Depo Air Minum Biru (depo air minum isi ulang), dan Green Nitrogen (outlet nitrogen).



Dalam kesempatan sepesial itu, Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND Group, mengatakan INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia juga memberikan penghargaan khusus untuk kategori Program Studi Magister Manajemen untuk kampus negeri di Indonesia, antara lain berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Brawijaya.

“Selain itu masih banyak perusahaan dan brand lainnya yang memenuhi kriteria pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 untuk fase ini,” tutup Susi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.1996 seconds (0.1#10.140)