Ada Ular Kobra Sembunyi di Saluran Air, Warga Panik Lapor Pemadam Kebakaran

Sabtu, 13 November 2021 - 19:22 WIB
loading...
Ada Ular Kobra Sembunyi di Saluran Air, Warga Panik Lapor Pemadam Kebakaran
Petugas Damkar mengevakuasi ular kobra yang bersembunyi di saluran air di permukiman padat penduduk di Jalan Padat Karya RT 4 RW 1, Kelurahan Cibeber, Kota Cimahi. Foto/Dok.Damkar
A A A
CIMAHI - Ular kobra sepanjang 1,2 meter tiba-tiba muncul di Jalan Padat Karya RT 4 RW 1 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Kemunculan ular mematikan itu, membuat panik warga dan langsung melaporkannya ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi.



Kemunculan ular kobra itu, pertama kali diketahui oleh pemilik rumah di kawasan tersebut. Saat itu, ular kobra terlihat bersembunyi di saluran air dalam posisi melingkar.



"Kami dapat laporan dari warga yang takut karena di saluran air rumahnya ada ular kobra, " kata Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Uus Supriyadi, Sabtu (13/11/2021).



Uus mengaku langsung mengevakuasi hewan berbahaya tersebut dengan peralatan khusus, yakni grab stick, serta alat pelindung diri. Pasalnya ketika akan ditangkap oleh petugas, ular tersebut berusaha melawan dengan bersembunyi di saluran air.

Pihaknya menduga, ular tersebut berasal dari pohon dan semak-semak yang berada di sekitar rumah. Apalagi di kawasan tersebut masih banyak pohon dan semak belukar. Setelah berhasil di tangkap, ular berbisa tersebut kemudian oleh pihaknya dibawa ke Mako Damkar.



"Mungkin karena habitatnya terganggu jadi ular itu keluar mencari tempat baru untuk dijadikan sarangnya," kata Uus. Dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak menumpuk barang-barang bekas, karena tumpukan barang bisa menjadi sarang sementara ular.

Selain itu, dia meminta agar rutin membersihkan lingkungan, karena semak dan rumput liar dapat menjadi tempat bersarang ular. "Selain penanganan kebakaran, hampir setiap bulan kami selalu menerima laporan adanya temuan ular, evakuasi sarang tawon, kucing yang terjebak di atap rumah atau masuk sumur, dan lain sebagainya," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)