Gelar Latihan Bersama ASEAN, Kapal Perang Rusia Akan Sambangi Indonesia

Selasa, 23 November 2021 - 14:09 WIB
loading...
Gelar Latihan Bersama ASEAN, Kapal Perang Rusia Akan Sambangi Indonesia
Kapal perusak Rusia Admiral Panteleyev. Foto/Reddit
A A A
JAKARTA - Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara alias ASEAN akan menggelar latihan Angkatan Laut bersama dengan Rusia . Latihan bersama yang dihelat untuk pertama kalinya ini akan dilakukan pada awal Desember mendatang.

Untuk itu, Angkatan Laut Rusia akan diwakili oleh kapal perusak Armada Pasifik Admiral Panteleyev.

"Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia akan diadakan pada 1-3 Desember di wilayah perairan Indonesia di lepas pantai Sumatera Utara," kata Kedutaan Besar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/11/2021).



"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Laut Negara Anggota ASEAN dan Angkatan Laut Rusia untuk memastikan keselamatan kegiatan ekonomi maritim dan navigasi sipil," sambung keterangan tertulis tersebut.

Menurut keterangan tertulis itu, latihan bersama itu akan rencananya akan dihadiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Direncanakan H.E. Letnan Jenderal TNI Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, akan memerintahkan untuk memulai latihan dari kapal perusak Laksamana Panteleyev," bunyi keterangan tertulis itu.



Latihan bersama ini merupakan hasil dari KTT ASEAN-Rusia ke-4 yang dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin melalui konferensi pers pada 28 Oktober lalu. Pertemuan itu bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan antara Rusia dan ASEAN yang diperingati tahun ini.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)