OKK Unpad Gelar Webinar Mengenai Pentingnya Memakai Masker di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 25 November 2021 - 22:34 WIB
loading...
OKK Unpad Gelar Webinar Mengenai Pentingnya Memakai Masker di Masa Pandemi Covid-19
Mentor OKK Abah Norman Zainal mengatakan pentingnya masker di masa pandemi Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komunitas Pensiunan Pertamina (KP2) bersama Komunitas Lansia Indonesia Bahagia Sejahtera (Klibsa), Kolaborasi Medis dan Da’i Nasional (Komda’inas) serta Forkom IDI menggelar webinar Kampanye Perubahan Perilaku, Hari Pahlawan dan Hari Lansia.

Kegiatan tersebut untuk mendukung Olah Kreativitas dan Kewirausahaan (OKK) mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) 2021 group OKK RK 273 Unpad. Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 5 November hingga 17 Desember 2021 ini mengampanyekan Perubahan Perilaku ini secara asional dan internasional.

Mentor OKK Abah Norman Zainal mengatakan, masker dan Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan suatu hal yang urgen di masa pandemi Covid-19, dan menjadi masalah yang menarik bagi mahasiwa baru group OKK RK273 Unpad untuk dipelajari dan dipahami serta dicarikan solusinya.



Untuk itu, dia mengajak milenials, generasi Z, mahasiswa, pelajar, dokter, tenaga kesehatan, da’i dan pensiunan serta masyarakat umum untuk mengikuti rangkaian kegiatan OKK 273 seri ke-3 yang akan dilaksanakan secara daring, pada Jumat, 26 November 2021 besok.

“Masker memang sudah menjadi hal yang lumrah dipakai sejak awal munculnya virus Corona. Meski pun pandemi sudah berlangsung lama tetapi masih banyak masyarakat yang tidak patuh untuk menggunakan masker. Dan juga banyak dari mereka yang masih salah dalam menggunakan maupun memilih masker yang tepat,” katanya, Kamis (25/11/2021).



Norman menilai, rendahnya keteladanan yang dipertontonkan pemimpin dan tokoh masyarakat termasuk juga media mainstream kurang mencontohkan penggunaan masker pada saat siaran. Padahal, lanjutnya, masyarakat Indonesia masih patrinial yang sangat manut dengan pimpinan dan tokoh.

Kalau pimpinan, tokoh masyarakat dan media serta influencer mencontohkan yang baik dan benar maka masyarakat akan menirunya. “Demikian sebalik nya. Hal inilah yang menjadi dasar ketertarikan mahasiswa baru ini dalam proses pembelajaran memahami masalah atau keadaan di tengah mayarakat,” ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, mahasiswa OKK RK 273 Unpad juga menilai BHD juga merupakan suatu hal yang perlu diketahui dan dipahami masyarakat. BHD adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung. Namun sayangnya masih banyak yang masih asing dan cenderung tidak tahu bagaimana langkah- langkahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)