Pentingnya Aplikasi Mobile untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital

Jum'at, 10 Desember 2021 - 09:51 WIB
loading...
Pentingnya Aplikasi Mobile untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital
Media sosial menjadi aplikasi mobile yang paling banyak diunduh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di tengah persaingan dan era digitalisasi bisnis, aplikasi mobile dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari pengembangan produk, layanan pelanggan, pemasaran berbasis mobile bahkan pengumpulan data pelanggan.



Aplikasi mobile merupakan sebuah aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Khususnya di tengah era persaingan digitalisasi bisnis, sebuah perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya.

Pertumbuhan mobile apps seiring sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang telah mendorong pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia. Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), hingga Maret 2021 jumlah pengguna ponsel pintar di Tanah Air telah mencapai 167 juta orang, atau 89% dari total penduduk Indonesia.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, sebuah perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, mengungkapkan di tengah popularitas ponsel pintar, aplikasi mobile menjadi aset yang sangat penting bagi sebuah brand atau perusahaan. Melalui aplikasi mobile, brand dapat terhubung dengan lebih mudah kepada konsumen serta memanjakan mereka guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

“Kehadiran aplikasi mobile juga menjadi solusi efektif bagi perusahaan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan aktivitas. Tidak hanya itu, bahkan aplikasi mobile juga berpotensi menjadi magnet untuk menggaet pelanggan-pelanggan baru,” kata Tri Raharjo, dalam keterangannya, Kamis (10/12/2021).

Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tidak mengherankan jika perusahaan atau brand, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar, semakin serius membangun dan mengembangkan aplikasi mobile sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Karena perusahaan yang tidak memiliki aplikasi mobile, akan berpotensi ketinggalan dengan perusahaan lain.

Pertumbuhan mobile application tersebut untuk kedua kalinya tercapture oleh TRAS N CO Indonesia bekerja sama dengan INFOBRAND.ID dalam melakukan riset dan memberikan apresiasi Top Mobile Application Award 2021. Sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada brand-brand di Indonesia atas prestasi dalam menciptakan dan mengembangkan mobile application yang dipilih dan mendapat rating terbaik oleh penggunanya sehingga unggul dibandingkan kompetitornya.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND Group, mengungkapkan, Top Mobile Application Award 2021 juga menjadi bukti keberhasilan perusahaan dan brand dalam menciptakan saluran pemasaran langsung kepada konsumen dan keberhasilan meningkatkan keterlibatan konsumennya.

“Karena itu, penghargaan ini menjadi bukti bahwa perusahaan menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama perusahaan” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)