Dapat Pendanaan Rp142 Miliar, Platform Edutech Ini Bakal Pasang Target Optimistis

Selasa, 14 Desember 2021 - 18:18 WIB
loading...
Dapat Pendanaan Rp142 Miliar, Platform Edutech Ini Bakal Pasang Target Optimistis
Platform edutech Cakap akan kembangkan programnya setelah dapat pendanaan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Platform Edutech asal Indonesia, Cakap, baru saja meraih pendanaan sebesar USD10 juta atau setara Rp142 miliar (kurs Rp14.200) dalam putaran seri B. Suntikan dana ini akan digunakan untuk menambah jumlah program pembelajaran kelas Cakap hingga memperluas akses pendidikan berbasis digital di Indonesia.



Co-Founder & CEO Cakap Tomy Yunus mencatat, putaran seri B tersebut dipimpin oleh Centauri Fund MDI Ventures dan Heritas Capital, dengan partisipasi dari KB Investment dan investor lainnya. Pendanaan baru ini merupakan tanda pencapaian besar Cakap di 2021, bersamaan dengan pertumbuhan bisnis melalui profitabilitas yang signifikan.

Selama ini, Cakap telah berkontribusi sebagai solusi pembelajaran jarak jauh untuk meminimalkan dampak negatif dari pandemi di Indonesia. Sinergi para investor yang terlibat akan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan, yang mana mereka berasal dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom, untuk mempercepat ekspansi pasar secara nasional.

Selain itu, KB Investment, bagian dari KB Financial Group sebagai penyedia jasa keuangan terkemuka dari Korea, dengan pengalaman investasi selama 20 tahun juga akan mendukung strategi pertumbuhan bisnis Cakap.

Cakap telah meraih keuntungan selama dua tahun terakhir dan berhasil mendapatkan kredibilitas yang kuat pada pertumbuhan bisnis dengan mengakuisisi 1,5 Juta siswa, pertumbuhan 500% YoY pada pengguna aktif dan lebih dari 1 Juta unduhan aplikasi.

Dengan rating sebesar 4,9 dari 5 di Google Play Store, Cakap adalah aplikasi belajar bahasa asing dengan rating tertinggi di Indonesia.

“Kami bangga dan bersemangat untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia. Kami mengkombinasikan konten pembelajaran berkualitas tinggi, teknologi canggih, dan guru profesional di ekosistem kami untuk memberikan pengalaman belajar terbaik kepada siswa kami," kata dia.

Cakap sendiri dikenal sebagai kelas pembelajaran bahasa online untuk segmen dewasa dan anak-anak di Indonesia. Melalui platform teknologinya, Cakap telah memberikan pelayanan dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada layanan kelas di lembaga biasa.

Cakap memberikan penggunanya berbagai pilihan guru profesional baik lokal maupun internasional. Tidak hanya itu, Cakap juga memberikan penawaran kelas vokasi dan kursus sertifikasi melalui self-paced learning yang menggabungkan sequential multimedia learning, assessments, dan LIVE Class ad discussions, memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyelesaikan sertifikasi bagi keterampilan khusus.

Pertumbuhan bisnis ini juga akan menjadi momentum yang luar biasa bagi Cakap yang telah memberdayakan lebih dari 1.000 guru dari berbagai negara.



Pendanaan baru ini dapat mendorong Cakap untuk meningkatkan teknologi pembelajaran dengan mengeksplorasi implementasi pada Machine Learning dan Artificial Intelligence yang memberikan pembelajaran lebih personal untuk setiap siswa melalui pembelajaran adaptif.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)