Miliarder Bill Gates Mengungkapkan Kekhawatiran Terbesarnya Menuju Tahun Baru 2022

Minggu, 26 Desember 2021 - 09:34 WIB
loading...
Miliarder Bill Gates Mengungkapkan Kekhawatiran Terbesarnya Menuju Tahun Baru 2022
Miliarder pendiri Microsoft, Bill Gates mengungkapkan kekhawatiran terbesar menuju tahun baru 2022 dalam tulisannya Alasan untuk optimisme setelah tahun yang sulit. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pandangan Bill Gates sebagaian besar menunjukkan optimistis menuju tahun baru 2022. Tetapi miliarder pendiri Microsoft itu masih memiliki beberapa kekhawatiran di tahun mendatang.

Gates di akhir tahun ini memposting tulisan dalam blognya berjudul 'Alasan untuk optimisme setelah tahun yang sulit', ia membuat beberapa prognosis kemerahan -dari pandemi Covid yang berpotensi berakhir hingga munculnya metavers yang akan datang.



Tetapi satu masalah tertentu dapat memperlambat atau menggagalkan sebagian besar kemajuan itu, ia memperkirakan hal itu adalah: ketidakpercayaan orang terhadap pemerintah. "Ini adalah salah satu masalah yang paling saya khawatirkan menuju 2022," tulis Bill Gates.

Gates mencatat lembaga-lembaga publik, perlu menjadi pemain utama dalam pertarungan seperti mengatasi perubahan iklim atau mencegah pandemi berikutnya. Tetapi mereka tidak dapat berkontribusi besar, bila semakin banyak orang tidak mengikuti arahan mereka.

"Jika orang-orang Anda tidak mempercayai, mereka tidak akan mendukung inisiatif baru yang besar. Dan ketika krisis besar muncul, mereka cenderung tidak mengikuti panduan yang diperlukan untuk mengatasi badai," tulis Gates.

Ketidakpercayaan seperti itu telah menjadi sangat jelas sejak pandemi melanda: Informasi yang salah tentang covid telah menyebar ke seluruh Amerika Serikat (AS) dan seluruh dunia, menghambat tingkat vaksinasi dan akhirnya menunda akhir pandemi.

Tetapi penelitian Pew Research Center dari masa pra-Covid menunjukkan tren yang sama: Dalam jejak pendapat 2019 terhadap orang dewasa Amerika, 75% responden mengatakan kepercayaan warga terhadap pemerintah federal menyusut.

64% lainnya mengatakan kepercayaan orang Amerika satu sama lain juga menyusut. Dan sekitar empat dari sepuluh responden berpikir ketidakpercayaan membuat lebih sulit untuk menangani masalah-masalah seperti perawatan kesehatan, imigrasi dan kekerasan bersenjata.

Dalam postingan blog Gates, ia mencatat bahwa siklus berita 24 jam, berita utama yang diberi insentif secara politis dan media sosial masing-masing memainkan peran dalam "perpecahan yang berkembang" – dan bahwa pemerintah mungkin perlu mengatur platform online untuk secara efektif menghilangkan informasi yang salah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)