Unicorn Kopi Kenangan Mejeng di New York, Sandiaga: Bangga Produk Anak Bangsa

Kamis, 06 Januari 2022 - 17:30 WIB
loading...
Unicorn Kopi Kenangan Mejeng di New York, Sandiaga: Bangga Produk Anak Bangsa
Menparekraf Sandiaga Uno mengunggah postingan yang memperlihatkan foto iklan di billboard Nasdaq, New York bertuliskan Nasdaq congratulates Kopi Kenangan as The First New Retail F&B Unicorn in South East Asia!. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Uno memberikan, respons positif atas keberhasilan Kopi Kenangan menjadi unicorn segmen food and beverages (F&B) pertama se-Asia Tenggara.

Sandi mengunggah postingan yang memperlihatkan foto iklan di billboard Nasdaq, New York bertuliskan "Nasdaq congratulates Kopi Kenangan as The First New Retail F&B Unicorn in South East Asia!". Melalui unggahan tersebut, Sandi mengaku bangga terhadap produk serta kinerja Kopi Kenangan yang berhasil menembus valuasi unicorn.

"Kopi Kenangan baru saja menjadi Unicorn kategori F&B (makanan dan minuman) pertama di Asia Tenggara dengan nilai valuasi menembus USD1 miliar. Bangga dengan produk karya anak bangsa!” kata Sandiaga, melalui akun media sosial Instagram @sandiuno, Kamis (6/1/2022).



Sandi mengungkapkan, sejak perusahaan tersebut berdiri hingga kini mampu menyerap ribuan tenaga kerja dengan mendirikan gerai yang tersebar di sejumlah tempat di Indonesia. Bagi Sandi, pencapaian tersebut merupakan bagian dari digitalisasi produk suatu bisnis.

“Dari sejak didirikan, Kopi Kenangan telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 3.000 karyawan, dengan 600 gerai tersebar di 45 kota di Indonesia. Keren!” nulisnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengharapkan keberhasilan Kopi Kenangan dapat menjadi inspirasi bagi para pengusaha lainnya untuk dapat tumbuh dan berkembang.

Sementara itu, Kopi Kenangan turut mengunggah pencapaiannya di media sosial. "What a surprise! Terima kasih @nasdaq untuk dukungan dan ucapannya terhadap Kopi Kenangan yang telah menjadi F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Diketahui Kopi Kenangan mendapat suntikan modal pendanaan Seri C tahap pertama senilai USD96 juta atau setara Rp1,3 triliun. Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan menembus USD1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan ritel bidang F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.



Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, dalam siaran resminya, Senin (27/12).

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)