Sambut Lebaran, harga sembako diawasi ketat

Selasa, 03 Juli 2012 - 18:35 WIB
Sambut Lebaran, harga sembako diawasi ketat
Sambut Lebaran, harga sembako diawasi ketat
A A A


Sindonews.com - Kementerian Perdagangan komitmen untuk menjaga situasi harga perhari sampai dengan Lebaran dan cuti bersama liburan. Penjagaaan tersebut adalah dengan memonitor di setiap kota dengan bantuan Dinas Daerah. Kemudian data tersebut akan diolah oleh Posko Bahan Pokok (Bapok) yang berada di daerah tersebut.

"Kami akan memonitor setiap hari situasi harga per hari," ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurti di kantornya, Jakarta, Selasa (3/7/2012).

Selain itu, pada Posko Bapok juga akan dibahas perkembangan current issue sesuai dengan wilayahnya. Rencananya, operasional akan dimulai pada tanggal 16 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2012. "Lengkap, semua kita akan pantau mulai dari ketersediaan, distribusi dan harga bahan kebutuhan pokok," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo menambahkan, akan disediakan pasar murah di beberapa kabupaten dan kecamatan. "Kita akan adakan pasar-pasar murah di tempat-tempat yang mungkin membutuhkan," ujar Gunaryo dalam kesempatan yang sama.

Gunaryo menyatakan, kalau 15 provinsi yang telah menyanggupi untuk dibuatkan pasar murah adalah daerah-daerah yang telah menyiapkan baik itu lokasi pelaksanaan, pelaksanaannya, dan siapa yang akan bertanggung jawab melaksanakan pasar murah tersebut.

"Dengan adanya pasar-pasar murah ini kami berharap bisa sangat mempengaruhi harga pasar yang diperkirakan akan fluktuatif," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8017 seconds (0.1#10.140)