alexametrics

Stok beras Jatim aman hingga Lebaran

loading...
Stok beras Jatim aman hingga Lebaran
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyatakan menjelang bulan puasa stok beras untuk Jawa Timur (Jatim) dinyatakan aman. Jaminan tersebut, berdasarkan produksi beras Jatim yang mencapai 7,6 tuta ton. Dari jumlah tersebut terdapat surplus beras 4,2 juta ton.

"Saya sudah konfirmasi ke Bulog stok beras aman selama puasa hingga lebaran," kata Soekarwo saat ditemui di Gedung negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Selasa (3/7/2012).

Pak De Karwo, sapaan akrab Soekarwo menjelaskan, sebenarnya suplai beras untuk Jatim cukup, namun yang perlu dipertanyakan adalah tiba-tiba demand (permintaan) naik. "Ini yang perlu diperhatikan. Masa suplai cukup tapi permintaan naik. Nah, ini permintaan dari mana?" tanyanya.



Rencananya, menjelang puasa sebelum tanggal 20 Juli 2012, pemprov Jatim akan mematangkan terkait rencana pemberian subsidi ongkos angkut yang mencapai Rp12,5 miliar. Subsidi itu digunakan terhadap empat kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak dan terigu. Jumlah subsidi ongkos itu dipastikan tidak ada perubahan.

"Anggaran untuk subsidi ongkos angkut tetap sama seperti tahun lalu yakni Rp12,5 miliar. Tahun lalu yang digunakan hanya Rp9,8 miliar," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur ini.

Gubernur juga menyebut, pada saat bulan puasa memang ada peningkatan inflasi di Jatim. Sementara sembako yang menjadi pemicu atas kenaikan inflasi tersebut. Namun kenaikan inflasi itu, katanya, hanya sedikit saja.

"Bulan lalu dari Januari hingga April inflasi sebesar 0,9 persen. Saat ini sekitar 0,15 persen perkiraan bulan puasa akan naik tapi hanya sedikit," tukasnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak